Ngeri, Asteroid Besar Meledak di Atas Ibu Kota

Asteroid 16 Psyche.
Sumber :
  • SWNS

Jakarta – Pada Minggu dini hari, 21 Januari 2024, sebuah asteroid kecil melesat di langit dan menabrak atmosfer Bumi di dekat ibu kota Berlin, Jerman, menghasilkan bola api yang terang tapi tidak berbahaya yang terlihat dari jarak bermil-mil jauhnya.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Penampakan seperti ini biasanya terjadi beberapa kali dalam satu tahun, tapi yang satu ini unik karena pertama kali terdeteksi oleh para ilmuwan sekitar tiga jam sebelum tabrakan – ini merupakan kali kedelapan para peneliti melihat salah satu batu angkasa sebelum jatuh.

Kapan Bumi Kiamat?

Asteroid mendekati Bumi.

Photo :
  • http://www.onvsoff.com

Matahari Putra Prima Ditinggal Resign 3 Bosnya, Ada Apa?

Asteroid mendekati Bumi.

Photo :
Dilansir VIVA Tekno dari Live Scince, Rabu, 24 Januari 2024, Asteroid 2024 BXI ini pertama kali ditemukan oleh seorang yang memproklamirkan diri sebagai pemburu asteroid, Krisztián Sárneczky – astronom di Stasiun Gunung Piszkéstető, bagian dari Observatorium Konkoly, Hungaria.

Ia mengidentifikasi batu kosmik tersebut dengan menggunakan teleskop Schmidt 60 cm di observatorium tersebut. Tak lama setelah penemuan batu angkasa tersebut, NASA memberikan prediksi rinci tentang di mana dan kapan meteor itu akan menghantam.

"Peringatan: Sebuah asteroid kecil akan hancur sebagai bola api yang tidak berbahaya di sebelah barat Berlin dekat Nennhausen pada pukul 1:32 dini hari waktu setempat. Para pengamat akan melihatnya jika cuaca cerah!" NASA mencuit pada malam 20 Januari.

Sebuah kamera langsung di kota Leipzig di Jerman utara menangkap rekaman meteor yang sangat terang itu, menyaksikannya muncul dan menghilang dalam rentang beberapa detik.

Asteroid tersebut, yang berukuran sekitar 1 meter sebelum tumbukan, kemungkinan mulai hancur sekitar 50 kilometer sebelah barat Berlin dan "mungkin menjatuhkan beberapa meteorit ke tanah" di sepanjang jalan, kata Denis Vida, seorang rekan pascadoktoral di bidang fisika meteor di Western University di Kanada, kepada CBS News.

Sárneczky telah menemukan ratusan asteroid dalam beberapa tahun terakhir, dan merupakan orang pertama yang mendeteksi asteroid 2022 EB5 sekitar dua jam sebelum asteroid tersebut menabrak atmosfer Bumi. Ia juga menggunakan data Observatorium Konkoly untuk menemukan batu yang datang.

Penampakannya sangat tidak biasa. Menurut Badan Antariksa Eropa, 99% asteroid dekat Bumi yang berukuran lebih kecil dari 30 meter belum ditemukan. Semakin kecil sebuah asteroid, semakin dekat jaraknya ke Bumi sebelum para ilmuwan dapat mendeteksinya, yang dapat menyulitkan perkiraan dampaknya, kata para ahli.

Asteroid

Photo :
  • Dailymail

Dalam beberapa kasus, asteroid dekat Bumi dapat bersembunyi di balik cahaya matahari, seperti meteor yang melesat dari arah matahari terbit di atas kota Chelyabinsk, Rusia, pada tahun 2013. Batu angkasa yang mengejutkan itu memecahkan jendela, membutakan pejalan kaki untuk sementara waktu, menyebabkan luka bakar akibat sinar ultraviolet, dan melukai lebih dari 1.600 orang.

Badan-badan antariksa pemerintah saat ini sedang mengembangkan teknologi baru untuk memindai langit untuk mencari asteroid sebelum mereka melakukan kontak dengan Bumi, termasuk satelit NEO Surveyor milik NASA, yang saat ini direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2027, dan NEOMIR milik ESA, yang diperkirakan baru akan diluncurkan setelah tahun 2030.

Mulai tahun 2025, Observatorium Vera C. Rubin di Chili - yang didanai oleh National Science Foundation - akan membuat katalog tata surya dari Bumi, dan diharapkan akan sangat membantu upaya perburuan asteroid.

"Kami membutuhkan waktu 200 tahun untuk menemukan semua asteroid yang kami ketahui sampai saat ini, sekitar 1,2 juta asteroid," kata Mario Jurić, ketua tim penemu tata surya Observatorium Rubin dan direktur Institut DiRAC di Universitas Washington, kepada Astronomy. "Dalam tiga sampai enam bulan pertama di Rubin, kami akan menggandakannya."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya