Indosat dan Telkom Bertemu di Hawaii

Honolulu, Hawaii, AS.
Sumber :
  • Businessinsider.com

VIVA Tekno – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (IOH) mengumumkan kemitraan strategis dalam memperkuat infrastruktur digital melalui ekosistem Internet Exchange (IX).

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) dan joint ventures BDx Data Centers (BDx), IOH, dan Lintasarta di Pacific Telecommunications Council (PTC), Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat (AS).

Melalui kemitraan strategis ini, kedua pemain telekomunikasi sepakat untuk memberdayakan bisnis pusat data masing-masing, di mana NeutraDC merupakan entitas pusat data dari Telkom Indonesia dan BDx Indonesia adalah mitra bisnis pusat data Indosat Ooredoo Hutchison.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Saat ini, gelombang transformasi digital berjalan secara masif dan permintaan yang terus meningkat terhadap pusat data di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, telah menciptakan peluang kolaborasi yang strategis.

Ekspansi pesat dalam sektor e-commerce dan adopsi teknologi pada proses bisnis turut memberikan dorongan besar terhadap kebutuhan akan infrastruktur pusat data yang andal.

Menhan Israel Pasang Badan untuk Batalion Netzah Yehuda yang Dijatuhi Sanksi AS

Kolaborasi ini akan meningkatkan kapabilitas dan kapasitas kolokasi. Dengan ekosistem IX yang terkoneksi, para pengguna dipastikan dapat merasakan fleksibilitas menggunakan berbagai layanan lewat arsitektur keamanan satu pintu.

Untuk itu, semua pihak telah mengidentifikasi titik-titik fokus kunci ekosistem IX, fokus pada lokasi carrier-neutral yang memenuhi standard Tier 3 dan tersebar di kota-kota utama di Indonesia.

NeutraDC dan BDx Indonesia akan menjadi mengelola beberapa IX independen, bersama-sama menyediakan bantuan dan dukungan teknis untuk menciptakan interkoneksi ekosistem IX yang tangguh, meningkatkan ketahanan infrastruktur internet dan menciptakan kerangka kerja internet nasional yang lebih efisien.

Telkom, melalui NeutraDC, telah memainkan peran kunci dalam mendukung transformasi ini. Saat ini NeutraDC memiliki pusat data hyperscale di Cikarang dan Batam. Tidak hanya berskala hyperscale, NeutraDC juga memiliki pusat data enterprise yang tersebar di beberapa titik di seluruh Indonesia.

Sementara BDx Indonesia, memiliki fasilitas di seluruh pulau besar, mengoperasikan portofolio pusat data enterprise dan hyperscale di Jakarta dan Jawa Barat, mengembangkan hyperscale campus khusus di Suryacipta, Jakarta Timur, bersama dengan pengembangan greenfield yang mendukung beban kerja kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

"Dengan semakin kuatnya kehadiran Telkom Indonesia di Asia Pasifik maka akan berdampak baik terhadap kualitas layanan internet secara signifikan terhadap masyarakat luas. Melalui kolaborasi strategis dan memanfaatkan seluruh layanan yang dimiliki tentu membuat kami punya tolok-ukur kualitas layanan," kata Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah, dalam keterangan resminya, Selasa, 23 Januari 2024.

Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha menyebut kolaborasi yang disepakati melalui BDx Indonesia akan membantu memperkuat infrastruktur jaringan internet Indonesia secara signifikan dan mempercepat pemerataan digitalisasi dalam negeri.

"Dengan semangat gotong royong maka kerja sama ini menunjukkan komitmen Indosat Ooredoo Hutchison untuk membuka potensi ekonomi digital Indonesia demi kesejahteraan masyarakat luas," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya