Air Mata Wanita Membuncah, Begini Efeknya ke Pria

Ilustrasi wanita menangis.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Tekno – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli mengungkapkan bahwa melihat atau ‘mencium’ air mata seorang wanita saja, ternyata dapat mengurangi agresi pria hingga lebih dari 40 persen.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Penelitian yang dikumpulkan oleh Weizmann Institute of Science, menunjukkan dampak mengejutkan dari air mata wanita terhadap pria.

Para ahli menyatakan bahwa terdapat senyawa kimia yang ditemukan dalam air mata manusia yang menciptakan sinyal yang mengurangi aktivitas di dua wilayah otak terkait agresi kaum Adam.

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Untuk penelitian ini, para peneliti harus mengumpulkan air mata saat mereka membasahi wajah para wanita, yang dihasilkan dari menonton film sedih.

Eksperimen tersebut melibatkan 31 pria yang memainkan permainan komputer yang menyebalkan yang secara tidak adil mengurangi poin pemain dan memicu respons agresif di dalam diri mereka.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Ilustrasi wanita/sedih.

Photo :
  • Freepik/freepik

Kelompok tersebut kemudian mengendus larutan garam atau air mata wanita, sebelum diusap dengan tetesan yang sama yang menempel di bibir atas mereka.

Perilaku agresif pria dalam bentuk retribusi ternyata 43,7 persen lebih rendah ketika pria mengendus air mata perempuan dibandingkan dengan larutan garam, menurut penelitian tersebut.

Pemindaian otak lebih lanjut juga mengungkapkan bahwa dengan ‘mengendus air mata', memiliki konektivitas yang lebih fungsional antar wilayah yang menangani bau dan agresi, sementara aktivitas di area agresi, lebih rendah. “Pengurangan agresi sangat mengesankan bagi kami, yang tampaknya nyata,” kata Noam Sobel, profesor neurobiologi di universitas tersebut dan yang memimpin penelitian tersebut, melansir New York Post Health, Senin, 22 Januari 2024.

“(Kemungkinan) apa pun yang menangis sebenarnya (bisa) menurunkan agresi,” lanjutnya.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan di laboratorium Sobel menemukan bahwa mengendus air mata perempuan juga menurunkan testosteron laki-laki, tetapi tidak jelas apakah hal ini memengaruhi perilaku.

Hal ini terlihat jelas ketika melihat hewan, dimana tikus mondok yang digunakan sebagai hewan percobaan diketahui menutupi dirinya dengan air mata untuk melindungi diri dari penyerang, kata penelitian tersebut.

Meskipun Sobel mengakui bahwa bahan kimia dalam air mata kemungkinan besar tidak berdampak besar pada interaksi sosial orang dewasa, ia menambahkan bahwa komposisi air mata mungkin telah berevolusi untuk melindungi bayi yang rentan. “Bayi tidak bisa mengatakan: 'Berhenti bersikap agresif terhadap saya'. Kemampuan berkomunikasi mereka sangat terbatas, dan mereka juga tidak berdaya,” ujarnya.

“Tetapi evolusi mungkin telah memberi bayi alat untuk mengurangi agresi.”

Karena manusia terus memiliki kemampuan untuk menghasilkan air mata sepanjang masa dewasa, ia menjelaskan bahwa menangis mungkin merupakan “perilaku yang bermanfaat bagi kita sepanjang hidup.”

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti yang sama pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa air mata wanita juga dapat menurunkan kadar testosteron dan mengurangi hasrat seksual pada pria.

Mereka mempelajari efek laki-laki yang menghirup air mata segar, yang dikumpulkan dengan cara yang sama seperti penelitian baru-baru ini terhadap perempuan yang menonton film sedih.

Ilustrasi wanita menangis.

Photo :
  • Freepik

Para ilmuwan mengukur penurunan kecil namun terus-menerus dalam perasaan seksual pria setelah mencium bau air mata. “Sangat mudah untuk melihat keuntungan dari sinyal kimia seperti itu,” jelas Sobel. “Pada dasarnya, Anda melindungi diri sendiri saat Anda rentan.”

Air mata seseorang diproduksi oleh kelenjar lakrimal dan meibom dan mengandung sejumlah bahan kimia berbeda, termasuk protein, enzim, dan produk sisa metabolisme.

Namun, komposisi air mata emosional berbeda dengan air mata yang keluar akibat refleks protektif, misalnya saat butiran pasir masuk ke mata. “Kami rasa tidak ada yang istimewa dari air mata wanita,” ujarnya, pada saat itu. “Kami secara pasti memprediksi sinyal kimiawi pada air mata pria dan air mata anak-anak juga.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya