Geger Astronom Sebut Planet Ini Ada Alien, Ini Alasannya

Ilustrasi alien turun ke Bumi.
Sumber :
  • Gaia

VIVA Tekno – Belum lama ini para peneliti mengungkapkan peluang planet kerdil (dwarf planet) Ceres merupakan rumah bagi kehidupan asing di luar Bumi alias alien. Apa alasannya?

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Sejumlah asteroid yang menabrak permukaan planet kerdil Ceres disebut mempengaruhi cadangan molekul organik yang berharga di sana.

Planet Ceres

Photo :
  • NASA
NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Pada 2017, para ilmuwan yang mempelajari data yang dikirim oleh wahana antariksa Dawn milik NASA awalnya menemukan senyawa organik yang dikenal sebagai molekul alifatik di dekat kawah tumbukan selebar 32 mil di Ceres. Sejak saat itu, mereka berusaha mencari tahu asal usul molekul-molekul tersebut.

Beberapa penelitian menyatakan asteroid yang mengantarkannya ke planet kerdil tersebut, sementara penelitian lain menyimpulkan bahwa molekul-molekul tersebut terbentuk di Ceres.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

"Kami menemukan bahwa bahan organik mungkin lebih luas daripada yang pertama kali dilaporkan dan bahwa mereka tampaknya tahan terhadap tumbukan dengan kondisi seperti Ceres," kata Juan Rizos, seorang astrofisikawan di Instituto de Astrofisica de Andalusia di Spanyol dan salah satu penulis studi baru tersebut, dikutip dari Space.

Untuk sampai pada kesimpulan mereka, Rizos dan kolega melakukan serangkaian eksperimen yang meniru kondisi tumbukan yang diperkirakan terjadi di Ceres di Ames Vertical Gun Range, California

Itu merupakan fasilitas yang didedikasikan untuk mensimulasikan fisika dan mekanika tumbukan kawah dan hantaman asteroid.

Tim juga menggabungkan data dari kamera dan spektrometer pencitraan di Dawn, dan kedua kumpulan data tersebut memungkinkan tim untuk memetakan area yang kaya akan bahan organik di Ceres dengan lebih detil dari yang pernah dilakukan sebelumnya.

Temuan ini secara kolektif menunjukkan "korelasi yang baik" antara bahan organik dengan area yang menjadi lokasi tumbukan yang lebih tua, kata para peneliti.

Planet Ceres

Photo :
  • NASA

Pengujian itu juga menunjukkan hantaman asteroid memang mempengaruhi keberadaan dan kelimpahan bahan organik selama miliaran tahun.

"Meskipun asal usul organik masih belum dipahami dengan baik, kami sekarang memiliki bukti yang baik bahwa mereka terbentuk di Ceres dan kemungkinan besar di hadapan air. Ada kemungkinan reservoir organik yang besar di bagian dalam Ceres," kata Rizos.

"Jadi, dari sudut pandang saya, hasil tersebut meningkatkan potensi astrobiologi Ceres," imbuhnya.

Survei dasawarsa 2023-2032 untuk ilmu pengetahuan planet dan astrobiologi menetapkan Ceres sebagai target prioritas tinggi untuk misi pengembalian sampel, yang mungkin akan dilakukan beberapa dekade ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya