NASA Bawa Sampel Asteroid Berusia 4,5 Miliar Tahun ke Bumi

Asteroid / komet.
Sumber :
  • Firstpost

VIVA Tekno – Ilmuwan NASA berhasil membawa sampel asteroid kembali ke Bumi pada bulan September, menjadikan mereka badan antariksa AS pertama yang melakukannya.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Tugas yang harus mereka lakukan sekarang adalah mencari cara membuka Mekanisme Akuisisi Sampel Touch-and-Go, atau TAGSAM untuk mengambil sisa sampel, menurut NASA.

OSIRIS-REx mencatat sekitar tujuh tahun perjalanan, memindai, mengumpulkan sampel dari Asteroid Bennu sebelum kembali ke Bumi pada 24 September 2023.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

“Para ilmuwan berharap sampel Bennu OSIRIS-REx yang dijatuhkan di gurun Utah akan memberikan petunjuk apakah asteroid yang bertabrakan dengan Bumi miliaran tahun lalu membawa air dan bahan penting lainnya untuk kehidupan di sini,” tulis NASA di situs web mereka, dikutip dari USA Today, Senin, 30 Oktober 2023.

Meskipun para ilmuwan masih berupaya mendapatkan sisa sampel yang disegel di kepala TAGSAM, mereka telah mampu mengumpulkan 2,48 ons, atau 70,3 gram batu dan debu dari perangkat keras pengambil sampel. Pengumpulan awal ini telah melampaui target NASA untuk membawa setidaknya 60 gram ke Bumi.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Bagaimana rencana ilmuwan NASA untuk mengambil sisa sampel?

NASA Bawa Sampel Asteroid Berusia 4,5 Miliar Tahun ke Bumi

Photo :
  • USA TODAY

Sebagian besar sampel yang dikumpulkan ilmuwan sejauh ini terletak di bagian luar kepala pengumpul sampel OSIRIS-REx, yang dapat diakses melalui penutup mylar kepala. Sisanya terletak di dalam TAGSAM.

Sebuah tim ilmuwan di Johnson Space Center NASA di Houston mencoba melepaskan kepala TAGSAM beberapa kali, tetapi menemukan bahwa dua dari 35 pengencang tidak dapat dilepas dengan alat yang saat ini diizinkan untuk digunakan oleh tim tersebut.

“Kepala TAGSAM memiliki lebih dari 35 pengencang, tetapi hanya 35 yang kami rencanakan untuk dilepas. Dua yang tersangkut termasuk pengencang terakhir yang dilepas. Semua pengencang lainnya berhasil dilepas. Kami tidak tahu mengapa dua solusi terakhir tersebut terhenti, namun kami secara aktif berupaya mencari solusi potensial sambil terus membuat kemajuan dalam prosedur pemrosesan sampel kami untuk 70,3 gram bahan yang telah diekstraksi dari TAGSAM,” menurut Francis McCubbin seorang Kurator Astromaterial di Johnson Space Center.

Tim berhasil mengumpulkan beberapa material saat menahan penutup mylar dari kepala dan mengambil sampel di dalamnya menggunakan alat seperti pinset atau sendok, tergantung pada besarnya material yang diambil.

Dalam beberapa minggu ke depan, para ilmuwan akan menghabiskan waktu untuk mengeluarkan seluruh sampel dari kepala TAGSAM menggunakan metode baru, memproses material yang telah diambil, dan memulai analisis komprehensif, demikian dinyatakan oleh NASA pada 20 Oktober.

Kepala TAGSAM telah dikeluarkan dari aliran nitrogen dan disimpan dalam sebuah wadah khusus yang telah disegel dengan cincin-O dan dikelilingi oleh kantong Teflon yang telah disegel. Ini dilakukan untuk memastikan sampel tetap terjaga sementara tim mempertimbangkan cara terbaik untuk mengakses sisa materi.

Setiap tindakan yang dilakukan terhadap sampel, termasuk dengan kepala TAGSAM, dilakukan di dalam kotak sarung tangan khusus dengan aliran nitrogen untuk mencegah kontaminasi dari atmosfer bumi. Setiap alat yang digunakan harus kompatibel dengan kotak sarung tangan ini dan tidak mengganggu kualitas sampel, sebagaimana dijelaskan oleh NASA.

Apa temuan awal NASA? 

Asteroid mendekati Bumi.

Photo :
  • New Scientist

Analisis pendahuluan pada sampel asteroid yang berumur sekitar 4,5 miliar tahun mengungkapkan bahwa batuan ini kemungkinan mengandung unsur-unsur dasar kehidupan yang ada di Bumi. Sampel tersebut menunjukkan kadar karbon dan air yang tinggi, sesuai dengan informasi dari NASA.

“Hampir semua yang kami lakukan di NASA berupaya menjawab pertanyaan tentang siapa kami dan dari mana kami berasal. Misi NASA seperti OSIRIS-REx akan meningkatkan pemahaman kita tentang asteroid yang dapat mengancam Bumi sekaligus memberi kita gambaran sekilas tentang apa yang ada di luarnya. Sampel telah berhasil kembali ke Bumi, tetapi masih banyak ilmu pengetahuan yang akan datang – ilmu pengetahuan yang belum pernah kita lihat sebelumnya,” kata Administrator NASA Bill Nelson sebelumnya.

Sifat senyawa karbon yang ditemukan dapat memberikan wawasan tentang bagaimana tata surya terbentuk, bagaimana bahan-bahan pendahulu kehidupan mungkin muncul di Bumi, dan tindakan pencegahan apa yang perlu diambil untuk menghindari tabrakan asteroid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya