Ini Dia Sosok Dibalik Audio Viral Laurel or Yanny

Jay Aubrey Jones.
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA – Aktor dan penyanyi, Jay Aubrey Jones, ternyata berada dibalik heboh audio viral 'Yanny or Laurel.' Ia merekam suaranya untuk situs vocabulary.com pada 2007 dengan menyebutkan beberapa kata baru, termasuk Laurel.

Amerika Bikin Lelucon soal Yanny Laurel dan Taliban

"Saya menemukannya kemarin. Dan, saya pikir tidak akan menjadi besar. Lalu, saya mendengarkan lagi secara online. Ini sangat menghibur saya," kata Jones, dilansir situs Time, Rabu, 23 Mei 2018.

Ia juga merekam sejumlah kata untuk situs tersebut dan mengakui bahwa salah satu yang direkamnya merupakan 'Laurel'. Sebelas tahun setelah rekaman itu dibuat tiba-tiba menjadi viral di dunia maya.

Yanny atau Laurel, Dua Nama ini Lagi Bikin Heboh Internet

Banyak warganet yang memperdebatkan apakah suara itu menyebutkan 'Yanny' atau 'Laurel'. Jones sendiri yang telah mendengarkan rekaman suaranya bahwa ia mendengar 'Laurel'.

"Lebih sering saya mendengar 'Laurel', (Walaupun) saya bisa mendengar sedikit 'Yanny'," tutur Jones.

Pingin Segera Tarung di MK, PKB Harap KPU Umumkan Pemenang Pilpres Malam Ini

Chief Technology Officer Vocabulary.com, Marc Tinkler menyebutkan bahwa dirinya juga mendengar Laurel dalam rekaman tersebut saat teman-teman memberitahu dirinya tentang audio viral yang berasal dari perusahaannya.

Jones mengaku tidak menyangka bahwa saat mengetahui rekamannya menjadi viral. Ia menyatakan bahwa dirinya hanya bisa tertawa dan ingin menanyakan pada orang-orang di luar sana apa yang sebenarnya sedang terjadi di dunia sekarang ini.

Rekaman audio tersebut tersebar pertama kali lewat platform Reddit dan langsung menjadi viral di media sosial lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya