Sudah 2 Bulan, Ada Ular Piton Raksasa Hilang di Kota Ini

Penemuan kulit piton Bertha oleh petugas penyelamatan hewan.
Sumber :
  • Animal rescue Polandia

VIVA – Seekor ular piton berukuran 16 kaki atau 4.8 meter dinyatakan hilang sejak bulan Juli lalu. Keberadaannya hingga kini masih belum terdeteksi, kendati segenap upaya telah dilakukan untuk mencarinya.

Garuda Indonesia Sanksi Tegas Pegawainya yang Jadi Petugas 'Nebeng' Haji ke Tanah Suci

Seperti dilaporkan laman NPR, pada 29 Agustus 2018, ular piton bernama Bertha itu diduga berkeliaran di pinggiran kota Warsawa, Polandia.

Pencarian Bertha bak cerita epik dalam kisah fiksi. Bermula pada awal Juli, radio lokal menyiarkan ada ular piton yang ditemukan di daerah selatan ibu kota.

Pecinta Hewan Merapat, Jakarta Pet Expo 2024 Akan Hadir di Kemayoran!

Warga kemudian diperingatkan untuk menghindari berjalan di dekat tepi sungai Vistula, dengan penekanan khusus untuk anak-anak dan hewan peliharaan yang mungkin akan menjadi mangsa sebagai ‘camilan’ piton.

Petugas pemadam kebakaran menggunakan pesawat tak berawak dan perahu untuk berburu makhluk besar melata itu. Namun, sayang hingga dua bulan berjalan hasilnya masih nihil.

Pelaku Pungli di Lokasi Wisata Siap-siap Kena Sanksi dari Sandiaga Uno

Tak hanya petugas, sejumlah sukarelawan juga membantu mengambil ribuan foto sungai, untuk diberikan pada ahli satwa liar dengan harapan menemukan piton.

Direktur kebun binatang lokal menjelaskan pada media, bahwa ular piton memiliki kemampuan berenang yang baik, bahkan bisa menempuh jarak 100 km.

Karena tak kunjung ditemukan, animo masyarakat Polandia terhadap Bertha terus bergulir. Mereka lantas beramai-ramai membuat meme-meme, desas-desus, dan lelucon tebakan tentang keberadaan hewan tersebut.

Wartawan Drew Hinshaw, bahkan menulis laporan panjang tentang keberadaan Bertha. Dalam reportasenya, ia menyatakan telah mewawancarai para ilmuwan, polisi, petugas pencari dan kelompok pemburu dari Belgia bernama Kokain, yang telah secara intens melacak jejak Bertha.

Menurut Kokain, alih-alih menemukan Bertha, mereka hanya mendapati kulit ular yang telah mengelupas. Jika sampai musim gugur Bertha tak ditemukan, nyawanya yang berdarah dingin akan terancam oleh sengatan suhu musim panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya