Tarif Palapa Ring Rampung Minggu Depan, Diklaim Lebih Murah 50 Persen

Palapa Ring Barat.
Palapa Ring Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

VIVA – Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Anang Latif, menyatakan harga sewa Palapa Ring akan ditetapkan minggu depan. Ia mengaku harganya akan lebih murah 50 persen dari harga pasar.

"Palapa Ring ini didedikasikan untuk industri. Jadi kita tidak mengejar keuntungan," kata Anang usai Rapat Kerja dengan Komisi I DPR, Jakarta, Selasa, 4 September 2018.

Jika Badan Layanan Umum lain harganya ditentukan oleh Kementerian keuangan, berbeda dengan Palapa Ring. Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi atau Bakti yang menentukan harga.

"Kami sampaikan minggu depan tarif sudah bisa ditetapkan," ujarnya. Anang menuturkan bahwa formula untuk menentukan harga salah satunya mengenai pertimbangan harga pasar. Selain itu juga dari jumlah pemain yang berminat pada satu lokasi.

Ia mencontohkan saat banyak pemain yang berminat di satu lokasi maka perhitungannya ekonomi pada daerah itu bagus. Diskon akan dikurangi.

"Kalau ada satu pemain di lokasi itu bisa dapat diskon sampai 50 persen. Ada dua pemain diskon berkurang jadi 30 persen ekonomi di kawasan itu ada potensi," jelas Anang. Infrastruktur Palapa Ring Barat sudah selesai beberapa waktu lalu.

Anang menuturkan telah ada yang berminat untuk menyewa. "Yang minat 8 operator. Salah satunya operator seluler," ungkap dia. Sedangkan, untuk Palapa Ring Tengah dan Timur masih dalam pengerjaan, dan rampung pada akhir 2018.