Jack Ma Mundur dari Alibaba, Ini Kegiatan Barunya

Chairman Alibaba Jack Ma (kemeja abu-abu) saat penutupan Asian Games 2018 di Jakarta.
Sumber :
  • REUTERS/Cathal Mcnaughton

VIVA – Pendiri Alibaba, Jack Ma, menyatakan mundur dari perusahaannya. Manusia bernilai US$40 miliar atau Rp583 triliun itu akan mengumumkan pengunduran dirinya pada minggu depan.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Mengutip situs The Verge, Sabtu, 8 September 2018, Ma akan fokus pada kegiatan barunya sebagai filantropi. Pria berusia 53 tahun ini mulai membangun Alibaba sejak 1999 silam.

Meskipun Ma adalah salah satu dari generasi pertama miliarder China yang mundur di usia masih terbilang muda, namun secara luas ia dihormati di China.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Masyarakat China menjulukinya sebagai "Guru Ma", dan kini melalui lembaga filantropi miliknya, Jack Ma Foundation, ia akan fokus pada pembinaan pendidikan untuk warga pedesaan di seluruh China.

Ia mendirikan perusahaan dari yang tidak bernilai sama sekali menjadi perusahaan yang memiliki nilai kapitalisasi sebesar US$420 miliar atau Rp6.120 triliun.

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Ma juga berperan penting dalam mengubah budaya warga China, terutama Hangzhou yang notabene kota kelahirannya, untuk bertransaksi secara online. Pada 2013, posisi CEO ia serahkan kepada penerusnya bernama David Zhang.

Wuling BinguoEV di Mandalika

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Perjalanan ini berhasil membuktikan, bahwa mobil listrik BinguoEV mampu menempuh perjalanan jauh dengan aman dan nyaman.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024