Jangan Kaget, WhatsApp Hapusi Foto dan Video yang Tidak Dicadangkan

Logo WhatsApp.
Sumber :
  • www.whatsappbrand.com

VIVA – Aplikasi pesan instan WhatsApp pada Senin 12 November resmi menghapus foto, video dan obrolan yang sebelumnya tidak dicadangkan pengguna ke akun Google Drive-nya. Oleh sebab itu beberapa bulan lalu perusahaan menyarankan pengguna untuk melakukan back-up data.

4 Reasons Why People Hide Their WhatsApp Status

"Mulai tanggal 12 November cadangan WhatsApp tidak akan lagi menggunakan kuota penyimpanan Google Drive. Cadangan WhatsApp yang belum diperbarui selama lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan Google Drive," tulis perusahaan dalam postingan blognya.

Perusahaan raksasa pencarian, Google sudah setuju untuk memberikan ruang untuk pengguna WhatsApp, tanpa mengambil kuota di ruang penyimpanan gratis tersebut. Sehingga pengguna yang belum melakukan back-up data sedari awal menggunakan aplikasi, untuk melakukannya secara manual di Google Drive. 

Sejumlah Alasan Seseorang Merahasiakan Status WhatsApp, Nomor Terakhir Udah Biasa

Adapun beberapa syarat yang harus diikuti pengguna agar dapat menyimpan data di Google Drive. Pertama pengguna tentu harus memiliki akun Google yang aktif dan terpasang di smartphone, juga harus memiliki Google Play, lalu harus cukup ruang untuk seluruh data yang ada di WhatsApp, meliputi foto, video, pesan suara dan file audio.

Dalam postingan tersebut, aplikasi pesan instan yang ada di bawah naungan Facebook itu juga berbagi cara mengenai pemulihan cadangan, akan berguna bagi pengguna yang ingin mengganti smartphone. Cara pertama adalah memastikan akun Google sesuai dengan nomor yang digunakan sebelumnya.

Selain Foto Mesra, Amy BMJ Juga Bongkar Isi Chat Aden Wong dan Tisya Erni

Setelah melakukan verifikasi, akan ada instruksi untuk memulihkan obrolan dan media dari Google Drive, lalu pilih pulihkan. Setelah selesai proses pemulihan, maka obrolan sebelumnya akan tersedia di aplikasi.

Perusahaan juga merekomendasikan pengguna untuk menghubungkan telepon ke jaringan WiFi. Data yang terdapat di WhatsApp memiliki berbagai ukuran.

Ilustrasi teror melalui WhatsApp.

Prof Koentjoro UGM Dikirimi Pesan Caci Maki Usai Kritik Demokrasi di Indonesia

Usai aksi Kampus Menggugat, Guru Besar bidang Psikologi UGM, Prof Koentjoro mengaku mendapatkan kiriman pesan melalui aplikasi Whatsapp berisikan caci maki. 

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024