Begini Cara Lihat Komet 'Natal' Nanti Malam

Komet Wirtanen disebut dapat dilihat dengan mata telanjang
Sumber :
  • Space

VIVA – Komet Wirtanen/46P dikabarkan dapat terlihat di seluruh dunia. Objek angkasa yang juga dijuluki 'komet Natal' ini akan bersinar sepanjang akhir pekan ini. Jadi, nanti malam, Sabtu 15 Desember 2018, kamu bisa mempersiapkan diri untuk menyaksikan.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Mengutip dari laman Mirror, Wirtanen diperkirakan akan muncul setelah gelap. Jika di Inggris, itu sekitar pukul 16:30 GMT atau 22.30 WIB.

Sejumlah sumber menyebutkan, Wirtanen dapat dilihat dengan mata telanjang. Namun, wujudnya kemungkinan berupa pendar cahaya atau objek samar dengan sinar kebiruan.

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Wirtanen akan muncul di langit Selatan, dekat rasi Orion. Jika kamu ingin melihatnya, cobalah untuk pergi ke daerah yang jauh dari polusi cahaya. Pastikan dari tempat kamu berdiri, langit terlihat bersih.

Kondisikan mata agar dapat menyesuaikan diri dengan kegelapan. Ini akan membantu kamu mengenali Wirtanen. Meski kabarnya dapat ditangkap dengan mata telanjang, tak ada salahnya menyiapkan teropong.

Meninggal Dunia dengan Cara yang Tak Biasa

Selain muncul akhir pekan ini, sumber lain dari Comet Watch menyebutkan, Wirtanen akan mendekat kembali pada Januari di Camelopardalis (rasi bintang di utara) sebelum pindah ke Ursa Major.

Ilmuwan berpendapat, "Komet ini akan terus menjadi objek teropong hingga Februari hingga Maret untuk pengamat belahan bumi utara saat batu es kecil memudar lebih jauh." (mus)

Gerhana matahari total dilihat dari luar angkasa

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Pada tanggal 8 April 2024 lalu, gerhana matahari total terjadi di berbagai wilayah di Amerika Utara. Fenomena alam ini tak hanya dinikmati di Bumi, namun juga diamati dar

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024