Penyebab Rotasi 'Aneh' Uranus Akhirnya Terkuak

Planet Uranus (kiri) dan Neptunus (kanan).
Sumber :
  • NASA / ESA; NASA / JPL

VIVA – Perkiraan penyebab rotasi Planet Uranus berbeda dari planet lain akhirnya terungkap. Salah satunya adalah tabrakan dengan benda asing di masa lampau.

Sebentar Lagi Planet Uranus Bisa Dilihat Langsung oleh Warga Bumi

Dilansir dari BGR, Selasa, 25 Desember 2018, teori tabrakan benda asing ini diungkapkan oleh Jacob Kegerreis, peneliti dari Universitas Durham, Inggris.

Ia menemukan penyebab rotasi Uranus berbeda sendiri tersebut lewat simulasi komputer.

Komet Raksasa sedang Menuju Tata Surya

Kegerreis memperkirakan obyek yang menabrak Uranus berukuran setidaknya dua kali dari ukuran Bumi. Kejadian ini diperkirakan saat awal Uranus terbentuk.

"Selain itu, kemungkinan lain dari tabrakan ini adalah jauh sebelum Bulan di Uranus terbentuk," kata dia.

Planet Uranus yang Misterius

Jika benar terjadi sebelum adanya Bulan Uranus, maka hal ini yang menjadi alasan mengapa Bulan juga menunjukkan kebiasaan berputar tidak seperti pada planet lainnya.

Apabila penelitian yang dilakukan Kegerreis benar, maka membuka opsi lainnya, yaitu tabrakan terjadi dengan sangat cepat dan obyek penabrak Uranus diperkirakan selamat dari 'kecelakaan' tersebut.

Tak hanya Kegerreis, sejumlah peneliti juga mempercayai bahwa obyek penabrak yang dimaksud adalah Planet IX atau Sembilan, yaitu benda luar angkasa yang sampai saat ini masih belum terlihat dan diperkirakan berada di tepian Tata Surya.

Rotasi aneh Uranus ini ditemukan pada Juli 2018, di mana planet itu berotasi dengan sudut lain hampir 90 derajat dari sistem Tata Surya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya