Mata-matai Pengguna iPhone, Apple Blokir Facebook dan Google

Logo Facebook.
Sumber :
  • Instagram/@lxa_london_dubai

VIVA – Identitas Apple sebagai pemimpin privasi merupakan salah satu ciri khasnya yang tidak terbantahkan. Baru-baru ini produsen iPhone ini telah mengambil tindakan atas apa yang telah dilakukan dua raksasa perusahaan teknologi, Google dan Facebook, karena telah melanggar privasi pengguna iPhone.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Dikutip melalui situs BGR, Jumat 1 Februari 2019, awal mula yang melakukan pelanggaran ialah Facebook. Sebuah laporan mengungkapkan bahwa media sosial besutan Mark Zuckerberg ini menggunakan aplikasi yang bisa kita artikan sebagai 'mata-mata' untuk pengguna iOS dan Android terhadap semua hal yang mereka lakukan.

Atas kejadian itu Facebook meminta maaf dan menonaktifkan aplikasi. Namun Apple mengambil langkah yang mereka nilai tepat, ialah memblokir sertifikat pengembang Facebook yang dianggap memiliki efek merusak aplikasi internal Facebook di iOS.

Nikita Mirzani Bongkar Kelakuan Pasangan yang Posesif: Sindir Rizky Irmansyah?

Namun belum sampai 24 jam atas kejadian itu, mereka menemukan Google menggunakan aplikasi serupa. Sama dengan Facebook, Google langsung meminta maaf dan menonaktifkannya. Namun Apple tidak pandang bulu, mereka bertindak seperti apa yang telah mereka lakukan ke Facebook.

"Seseorang memberi tahu bahwa versi awal Google Maps, Hangouts, Gmail dan aplikasi beta pra-rilis lainnya telah berhenti berfungsi. Kecuali untuk aplikasi Gbus untuk transportasi dan Google," kata perwakilan dari laman The Verge.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Ia mengatakan, Apple telah mengeluarkan pernyataan kala menghapus sertifikat Facebook, perusahaan memperingatkan bahwa pengembang manapun yang menggunakan sertifikat untuk mengetahui privasi konsumennya, maka akan dicabut sertifikatnya.

Atas tindakan-tindakannya ini mereka jelas berpegang teguh pada aturan yang telah diciptakan. Jelas perusahaan telah memblokir Google dan Facebook, dan kemungkinan di masa depan juga akan memblokir beberapa sertifikat yang ketahuan melanggar. (ali)

Kantor Google.

7 Rahasia Google

Google merupakan salah satu search engine yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Meski setiap hari digunakan, mungkin belum banyak orang yang mengetahui.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024