Jalan Tol Berbasis 5G Tak Lama Lagi Bakal Jadi Kenyataan

Jalan raya di Malaysia.
Sumber :
  • Bernama

VIVA – Sebuah terobosan menarik dilakukan China. Dalam waktu dekat negeri tirai bambu tersebut akan membangun jalan tol pintar berbasis 5G pertama di dunia.

Penyebaran Narkoba Jenis Fentanil Jadi Ancaman Global

Pembangunan jalan tol nantinya akan menggandeng perusahaan telekomunikasi China Mobile. Demikian seperti dilansir Venture Beat, Sabtu, 16 Februari 2019.

Laporan menyebut tol itu akan mendukung jaringan seluler yang terkoordiinasi dengan layanan transportasi. Pembangunan akan dilakukan di Kota Wuhan, di Provinsi Hubei.

Dukung Hak Palestina, China Jalin Hubungan Erat dengan Hamas

China Mobile memulai proyeknya dengan stasiun tol pintar. Gerbang tol ini nantinya menghilangkan transponder termasuk operator yang biasanya adalah manusia.

Akan digunakan pula informasi lalu lintas secara real-time di mana prediksi akan dibuat berdasarkan Artificial Intelligence (AI) menggunakan data.

Soal Lemahnya Penegakkan Aturan ke Tiktok, Ekonom Singgung Ambisi Jalur Sutra Tiongkok

Diklaim perusahaan itu akan menjadi pertama yang menawarkan layanan transportasi komersial dan berkoordinasi di tol secara langsung. Meskipun sejumlah operator di berbagai negara dikabarkan juga sedang melakukan yang sama.

China Mobile sendiri telah membangun 31 BTS dengan jaringan 5G di Wuhan untuk mendukung kegiatannya.

Ilustrasi bola dunia

Raksasa Dunia! Ini 10 Negara Terluas yang Menakjubkan

Ketika membicarakan ukuran suatu negara, wilayahnya menjadi parameter yang sangat penting. Wilayah suatu negara menentukan kedaulatan, populasi, dan kekayaan alamnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024