Gojek Siap Dorong 35 Ribu UMKM Naik Kelas, Ini Caranya

Program Gojek Wirausaha.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika gencar melakukan gerakan nasional mendigitalkan delapan juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Salah satunya lewat kolaborasi dengan beberapa platform seperti Gojek.

Kominfo Ancam Blokir 6 Platform Online Travel Agent yang Belum Daftar Sebagai PSE

Pelaksana Tugas Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Slamet Santoso mengatakan, pemerintah telah melakukan inisiasi lewat Gofood sejak 2016.

Lalu, dilanjutkan dengan program 'Grebek Pasar' di Pasar Senen, Jakarta Pusat, di mana penjual kue basah diminta untuk bersedia berjualan secara online.

Anggota BPK Achsanul Qosasi Didakwa Terima Uang Korupsi Proyek BTS Rp 40 Miliar

"Saya berharap ke depannya akan ada lebih banyak lagi program seperti Gojek. Karena, dari informasi yang kami terima, dari seluruh UMKM hanya sembilan persen jualan online," kata dia di Jakarta, Rabu, 20 Februari 2019.

Pada kesempatan yang sama, Chief Policy and Government Relations Gojek, Dyan Shinto E. Nugroho mengatakan, DNA perusahaan adalah UMKM. Karena itu, untuk mewujudkan target yang dicanangkan pemerintah dibuatlah program 'Gojek Wirausaha'.

Soal Rencana Buyback Saham, Dirut Goto Kedepankan Prinsip Kehati-hatian

"Delapan juta jika dibandingkan dengan jumlah seluruh penduduk di Indonesia itu masih kecil. Makanya, kita mau bersinergi dengan pemerintah. Semoga kami bisa mendorong semakin banyak UMKM untuk go online sehingga usahanya makin luas," jelasnya.

Pelaku UMKM yang telah bergabung dengan Gojek jumlahnya sekitar 400 ribu. Jumlah ini tumbuh pesat dibandingkan awal 2018 dengan jumlahnya hanya 125 ribu. Dyan juga mengklaim kalau UMKM yang bergabung dengan Gojek, bisnis berkembang sampai 3,5 kali lipat.

"Tahun lalu kami melatih 2.200 pelaku UMKM di 14 kota. Sedangkan, untuk tahun ini kami menargetkan bisa menaikkelaskan 35 ribu UMKM di 25 kota dengan tagline #GerakanOnlineNusantara," ungkap Dyan. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya