Google Doodle Rayakan Lahirnya Olga Ladyzhenskaya si Ahli Matematika

Google Doodle
Sumber :
  • google

VIVA – Google Doodle hari ini merayakan hari lahir Olga Aleksandrovna Ladyzhenskaya yang lahir di Kologriv Soviet (kini Rusia) pada 7 Maret 2019. Olga dikenal sebagai matematikawan dengan karyanya mengenai persamaan diferesial.

Tampilkan Kotak Suara, Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Dilansir dari Wikipedia, Olga lahir dan besar di Kologriv. Dia adalah putri dari seorang guru matematika yang terkenal karena inspirasi dan cintanya pada matematika. 

Pada Oktober 1939 ayahnya ditangkap oleh NKVD dan dibunuh. Olga muda bisa menyelesaikan sekolah menengah tetapi, karena ayahnya adalah "musuh rakyat", dia dilarang masuk ke Universitas Leningrad.

Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle, Ini Sosoknya

Setelah kematian Joseph Stalin pada 1953, Olga mempresentasikan tesis doktoralnya dan diberikan gelar yang telah lama ia dapatkan. Dia melanjutkan untuk mengajar di universitas di Leningrad dan di Steklov Institute, tinggal di Rusia bahkan setelah runtuhnya Uni Soviet.

Olga melakukan penelitian tentang perilaku cairan dan dikenal sebagai persamaan Navier-Stokes. Sebagai peneliti pertama di Universitas St Petersburg dan kemudian di Steklov Institute of Mathematics, ia meneliti persamaan diferensial.

Google Doodle Celebrates the Heart Surgeon Dr Victor Chang

Persamaan diferensial tersebut yang menunjukkan bagaimana sejumlah variabel berhubungan dalam ruang dan waktu. Kegunaan lain dari persamaan diferensial itu adalah memungkinkan untuk memprediksi pergerakan awan badai. 

Olga masuk dalam daftar shortlist untuk calon penerima Medal Bidang 1958, yang akhirnya diberikan kepada Klaus Roth dan Rene Thom.

Olga meninggal dunia pada usia 81 tahun. Dia meninggal pada 12 Januari 2004 di St. Petersburg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya