Hati-hati, Ada Foto-foto Syur Bercampur Buku Anak di Play Store

Foto syur bercampur dengan buku anak di Play Store
Sumber :
  • Play Store

VIVA – Orangtua yang mengizinkan anak di bawah umur bermain gadget, sebaiknya selalu waspada. Meski kita berusaha membatasi dengan menerapkan filter, bukan berarti lantas bebas dari konten yang tak diinginkan. 

7 Rahasia Google

Misalnya yang ditemukan hari ini, Selasa, 12 Maret 2019. Di Play Store terdapat foto-foto dewasa yang berada di deretan buku elektronik untuk anak. Foto-foto tersebut juga merupakan sampul buku digital dengan judul yang bermuatan seksual.

Jika mengetikkan kata kunci 'buku anak' di Play Store, akan muncul sampul buku-buku anak namun bercampur dengan buku dengan gambar cover perempuan dengan pose menggoda dan busana sangat minim. 

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Konten tersebut tidak semestinya muncul di halaman yang diperuntukkan bagi anak. Apalagi kata kunci yang dimasukkan juga spesifik 'buku anak'.

Saat ini, VIVA sedang mencoba menghubungi Google Indonesia untuk klarifikasi. 

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Namun selama ini, aturan komunitas Play Store tertera Google melarang semua aplikasi anak-anak yang mengandung unsur konten dewasa. 

"Kami melarang aplikasi yang menarik minat anak-anak tetapi mengandung tema dewasa. Kami tidak mengizinkan aplikasi yang berisi atau mempromosikan konten seksual eksplisit, misalnya pornografi. Secara umum, kami tidak mengizinkan konten atau layanan yang ditujukan untuk memberi kepuasan seksual," tulis Google. (ann)

Situs google.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Hilirisasi menjadi isu penting di Indonesia. Jika mengklik kata tersebut di Google, maka dalam 0,25 detik muncul 4.140.000 temuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024