Ada 'Blueberry' di Planet Mars, Kata NASA

Ilustrasi permukaan Planet Mars.
Sumber :
  • www.pixabay.com/ChadoNihi

VIVA – Eksistensi adanya kehidupan di planet Mars, terus menjadi perdebatan. Meski sejumlah bukti ditemukan dari penelitian demi penelitian, namun di antara para ilmuwan sepertinya sulit untuk sampai pada kesepakatan.

Senjata Ampuh Lawan Penuaan Dini Hingga Diabetes Ditemukan, Ternyata Ada di 5 Makanan Ini

Sebagaimana bukti baru yang belum lama ini ditemukan. Dilaporkan IFL Science, 27 Maret 2019, ilmuwan menulis makalah yang mengklaim bahwa di Planet Merah itu tumbuh sejenis jamur (fungi), atau lumut, atau alga.

Klaim itu berdasarkan foto yang ditangkap oleh wahana luar angkasa milik NASA, rover Opportunity and Curiosity. Disebutkan, ada 15 foto spesimen berbentuk jamur yang muncul dari tanah merah planet Mars.

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Makalah itu berjudul Evidence of Life on Mars yang diterbitkan di Journal of Astrobiology and Space Science Reviews. Salah satu penulis makalah, Dr Regina Dass dari Departemen Mikrobiologi, School of Life Sciences, India, mengatakan:

"Tidak ada kekuatan geologis atau abiogenik lainnya di Bumi, yang dapat menghasilkan struktur sedimen, oleh ratusan, yang memiliki bentuk jamur, batang, tangkai, dan gudang yang tampak seperti spora di permukaan sekitarnya.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Foto spesimen yang diduga jamur (fungi)

Meski ada bukti berupa foto benda yang mirip jamur, namun sejumlah ilmuwan menyatakan pendapat yang berbeda saat memeriksa makalah itu.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa spesimen sirkular yang dipotret muncul dari bawah tanah Mars itu, bukan jamur tetapi hematit, suatu bentuk oksida besi, yang oleh NASA disebut sebagai "blueberry."

Foto spesimen berwarna putih yang diklaim sebagai jamur

Dr. Vincenzo Rizzo, ahli biogeologi Dewan Riset Nasional mengatakan, "Kami tidak setuju dengan NASA. NASA memiliki beberapa ilmuwan dan insinyur terhebat di dunia. Namun, hematit juga merupakan produk aktivitas biologis."

Spesimen mirip jamur di planet Mars itu digambarkan memiliki tangkai, berwarna terang dan bagian atasnya berbentuk bulat.

Tetapi, dengan beragam pendapat dari ilmuwan yang ikut memeriksanya, dugaan adanya jamur di planet Mars dianggap masih jauh untuk disebut sebagai fakta. Kontroversi tentang jamur di planet merah tersebut masih menjadi buah bibir di kalangan ilmuwan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya