Suara Merdeka Masuk Afiliasi VIVA Networks

PT Viva Media Baru (VIVA Networks) menjalin kerja sama dengan Suara Merdeka.
Sumber :
  • Viva.co.id/Solihin

VIVA – PT Viva Media Baru (VIVA Networks) yang merupakan anak usaha PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) menjalin kerja sama strategis dengan Suara Merdeka Network. Kerja sama ini tidak hanya konten, tapi juga meliputi bisnis perusahaan, khususnya digitalisasi media. Seperti kita tahu, Suara Merdeka merupakan pemimpin pasar media di Jawa Tengah. 

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan di kantor pusat VIVA di The Convergence Indonesia, Kawasan Rasuna Epicentrum, Jakarta, Selasa 29 Oktober 2019. Hadir dalam acara itu, President Director VIVA Anindya Novyan Bakrie, Komisaris PT Viva Media Baru Anindra Ardiansyah Bakrie, President Director PT Viva Media Baru David E. Burke, dan CEO Suara Merdeka Kukrit Suryo Wicaksono.

Foto: Viva.co.id/Solihin
Setelah penandatanganan ini, nantinya masing-masing pihak akan memperkuat jaringan pemberitaan. VIVA Networks yang memiliki beberapa portal berita, termasuk VIVA.co.id dan VIVAnews, akan mudah mendapat konten daerah, khususnya dari Jawa Tengah. Sedangkan Suara Merdeka akan memperkuat isu nasional-politik dan gaya hidup, seperti kekuatan VIVA.co.id dan VIVAnews saat ini.

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

Dalam model platform, Suara Merdeka juga akan mendapat alih teknologi dan pengelolaan media, baik itu IT, distribusi, maupun monetisasi.  Secara tidak langsung, Suara Merdeka menjadi bagian atau afiliasi dari VIVA Networks. 

"Ini merupakan contoh online dan offline bisa bersatu. Kami bisa mengembangkan digital Suara Merdeka, meski kami sedang belajar. Kemudian kami juga bisa menguasai ofline, karena yang ini jagonya Pak Kukrit," kata Anin. 

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

VIVA juga memiiliki beberapa event offline yang selama ini perlu dikembangkan lebih lanjut, seperti OnePride dan OnePrix.

Ardi berharap kerja sama ini saling menguntungkan semua pihak. "Tentunya bisa membawa OnePride ke Jawa Tengah," katanya.

Sementara itu, David Burke yakin di era digital ini butuh kolaborasi. "Tak bisa hidup sendiri. Apalagi Suara Merdeka 100% milik Jawa Tengah," katanya.

Naik kelas

Suara Merdeka juga menyambut baik kerja sama ini. Menurut Kukrit, tidak salah pilih VIVA berkolaborasi dengan Suara Merdeka. Dengan penduduk 35 juta jiwa, Jawa Tengah menjadi pasar yang menggiurkan.  "Ini market yang luar biasa untuk dikembangkan," katanya.

Dia mengatakan, kerja sama ini membuat Suara Merdeka naik kelas, dari media regional menjadi nasional. "Terima kasih, ini satu kehormatan. Mudah-mudahan tidak hanya bermanfaat bagi kita berdua, tapi buat bangsa dan negara," ujar generasi ketiga Suara Merdeka ini.

VIVA Networks saat ini mengelola enam media. VIVA.co.id yang menitik beratkan pada gaya hidup dan informasi yang sedang menjadi trending, VIVAnews dengan berita-berita mendalam dan terpercaya, 100Kpj yang mengulas dunia otomotif, IntipSeleb seputar selebriti anak muda, JagoDangdut media dangdut pertama di Indonesia, dan platform video Vlix. Sebentar lagi VIVA Networks juga akan meluncurkan media-media dengan segmen khusus dan market lainnya.

Sedangkan Suara Merdeka memiliki beberapa koran, TVKU, portal berita, dan 100 jaringan radio di Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya