Operator Seluler Siap Hadapi Lonjakan Trafik Akibat 'Work from Home'

Pengecekan salah satu perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik operator seluler.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dewi Fajriani

VIVA – Sesuai arahan Presiden Joko Widodo supaya masyarakat belajar, bekerja dan beribadah di rumah, work from home, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama penyelenggara telekomunikasi serta platform digital siap mendukung kebijakan tersebut.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Salah satunya penyediaan bandwidth untuk kegiatan pengguna yang akan lebih banyak beraktivitas di rumah akibat wabah Virus Corona COVID-19.

"Kami secara bersama-sama memberikan dukungan dan komitmen mendukung kebijakan Presiden dalam mengatasi pandemi COVID-19. Komitmen ini di antaranya penyediaan bandwitdh dan kualitas layanan yang baik, penangkalan berita hoax, serta insentif," kata Menkominfo Johnny G Plate di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin, 16 Maret 2020.

Wejangan Menkominfo soal Merger XL Axiata dan Smartfren

Penambahan kapasitas bandwitdh dan deployment infrastruktur ini bukanlah hal baru bagi perusahaan telekomunikasi, terutama saat ada peristiwa besar seperti hari raya ataupun event nasional dan internasional.

Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengaku siap menjalankan kebijakan pemerintah untuk memutus mata rantai Virus Corona. Mengenai antisipasi lonjakan trafik, Setyanto mengaku telah menghitung dan memiliki datanya. Namun, dirinya tak menyebut angka pasti dari kemungkinan kenaikan data tersebut.

Menkominfo Lagi Semringah

"Kami jamin untuk jaringannya disiapkan sebaik mungkin untuk mengantisipasi lonjakan trafik. Kami sudah perkirakan lonjakan trafiknya," ungkap dia. Pada kesempatan terpisah, Pelaksana Tugas Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, siap meningkatkan kapasitas jaringan jika terjadi lonjakan trafik.

"Kenaikan trafik XL Axiata diperkirakan 10 sampai 15 persen jika dibandingkan hari biasa akibat aktivitas yang dipindahkan ke rumah karena Virus Corona. Akses ke sejumlah layanan data memang sudah meningkat, khususnya Google, Whatsapp, Facebook, dan Twitter," paparnya.

Gede melanjutkan aktivitas sekolah yang dipindah ke rumah, termasuk kebijakan work from home, untuk karyawan juga akan meningkatkan akses pengguna ke jaringan internet XL Axiata. Karena itu, ia mengaku akan terus memantau dan mengetahui wilayah mana saja yang terjadi kenaikan trafik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya