Budi Arie Prediksi Lonjakan Trafik Telekomunikasi

Menkominfo Budi Arie Setiadi.
Sumber :
  • Dok. Telkom

VIVA Tekno – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meminta para perusahaan telekomunikasi untuk mempersiapkan pelonjakan trafik telekomunikasi pada saat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

“Kami sudah mengambil langkah antisipatif untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi. Kami juga mendorong operator telekomunikasi menyiapkan jaringan telekomunikasi dengan kapasitas yang memadai," kata dia di Jakarta, Kamis, 21 Maret 2024.

Budi Arie memprediksi akan terjadi lonjakan trafik telekomunikasi pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah sebesar 7 hingga 20 persen.

Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024

Hal itu terjadi karena pergerakan yang begitu masif masyarakat. Mulai dari dari rumah, terminal, stasiun, pelabuhan dan bandar udara.

Lalu, sepanjang perjalanan hingga tiba di tujuan mudik tentu tidak bisa dilepaskan dari layanan telekomunikasi. Menkominfo juga menjelaskan empat langkah antisipasi:

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Pertama, melakukan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan telekomunikasi. Kedua, meningkatkan kapasitas jaringan internet.

Ketiga, pengukuran drive test di jalur mudik. Keempat atau terakhir, pengadaan posko mudik atau personel siaga command center dan call center selama 24 jam 7 hari.

“Jadi, kalau ada keluhan mengenai gangguan jaringan internet, masyarakat juga bisa menyampaikan ke call center atau command center yang sudah dibangun oleh operator telekomunikasi, baik operator seluler maupun penyedia fixed broadband,” jelas Menkominfo Budi Arie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya