Misteri Terpecahkan Setelah Penyelam Guernsey Menemukan U-boat Jerman yang hilang

Misteri Terpecahkan Setelah Penyelam Guernsey Menemukan U-boat Jerman yang hilang.
Sumber :
  • Dok. BBC World

VIVA Tekno – Sebuah misteri akhirnya terpecahkan setelah penyelam menemukan tempat peristirahatan U-boat Jerman yang hilang. Kapal UC-18 hilang pada tahun 1917 setelah pertempuran dengan kapal rahasia Angkatan Laut Kerajaan, Lady Olive, yang juga tenggelam.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Butuh tim empat tahun untuk menemukan dan memverifikasi temuan di Selat Inggris, yang telah difilmkan untuk film dokumenter BBC. Pembuat film bawah air Karl Taylor mengatakan dia “bergembira”.

Pembuat film bawah air Karl Taylor

Photo :
  • Dok. BBC World
Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Pertempuran antara UC-18 dan Lady Olive adalah satu-satunya pertengkaran yang diketahui di mana kapal selam dan kapal Angkatan Laut Kerajaan saling tenggelam.

Selain tempat peristirahatan kapal selam dan 28 krunya yang hilang, tim penyelam juga menemukan apa yang mereka yakini sebagai Lady Olive.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Mr Taylor mengatakan proyek itu sangat menuntut dengan penyelaman dalam, dengan cahaya yang sangat rendah. U-boat akhirnya ditemukan di kedalaman lebih dari 70m (230ft).

Tim bekerja sama dengan ahli U-boat dan arkeolog kelautan Tomas Termote untuk mengidentifikasi bangkai kapal yang tetap dalam kondisi luar biasa.

Kapal selam kelas UC dan awaknya selama Perang Dunia Pertama

Photo :
  • Dok.BBC World

Catatan sejarah asli melaporkan pertempuran itu terjadi sekitar 13 km (delapan mil) di lepas pantai Jersey, tetapi kapal yang tenggelam akhirnya ditemukan sekitar 64 km (40 mil) lebih jauh ke barat, kata Taylor.

Dia mengatakan dua bangkai kapal lainnya juga ditemukan dan diidentifikasi selama pencarian ekstensif mereka. Semua temuan diteruskan ke otoritas Prancis dan Angkatan Laut Jerman.

Pihak berwenang Prancis sejak itu menutup lokasi UC-18 untuk penyelam karena merupakan kuburan perang yang ditunjuk.

Mr Taylor mengatakan, keadaan tenggelamnya telah menjadi misteri abadi yang akhirnya terpecahkan dan dia berharap bahwa film itu akan membantu orang-orang menyadari pengorbanan yang dibuat semua pihak selama “periode yang sangat bergejolak dalam sejarah Eropa”. Film dokumenter The Hunt for Lady Olive and the German Submarine akan tayang di BBC pada bulan Juni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya