Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Terungkap Alasannya

Kehidupan masyarakat di Finlandia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

VIVA Tekno Hari Bahagia Sedunia (International Day of Happiness) diperingati tepat pada hari ini 20 Maret 2024. Hari ini merupakan momentum seluruh masyarakat di dunia untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kebahagiaan dalam hidup.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Memperingati Hari Bahagia Sedunia, ternyata di dunia terdapat salah satu negara paling bahagia. Kira-kira, negara apakah itu?

Negara Paling Bahagia di Dunia

Gak Nyangka, Ternyata Gen Z Punya Karakter Mulia Ini

Terkait kebahagiaan, sudah diketahui bahwa negara-negara Nordik secara rutin mendapat skor tinggi dalam survei kepuasan hidup.  Faktanya, Finlandia menduduki posisi teratas dalam daftar negara-negara paling bahagia versi World Happiness Report atau Laporan Kebahagiaan Dunia tahunan yang disponsori PBB selama enam tahun berturut-turut.

Laporan Kebahagiaan Dunia 2024 atau terbaru diterbitkan pada Rabu, 20 Maret 2024 ini dilansir dari laman buzzfeed.com. Seperti diketahui negara-negara Nordik mempertahankan posisi mereka di antara 10 negara paling bahagia di dunia, dengan Denmark, Islandia, dan Swedia mengekor Finlandia.

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Bahkan pada saat negara satu ini tengah menghadapi cuaca dingin, musim dingin yang panjang, dan tidak adanya cahaya matahari selama sebagian tahun di beberapa wilayah di negara tersebut, Finlandia tetap saja dalam kondisi baik-baik saja dan bahagia. Tapi kenapa?

Meskipun hal-hal ini tampaknya bertentangan dengan negaranya, masyarakat Finlandia tetap berhasil mencapai kepuasan hidup karena berbagai alasan, menurut pakar kesehatan mental. 

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh fakta, bahwa Finlandia memiliki sistem yang mampu mengurangi stres dalam berbagai aspek kehidupan, pendidikan sebagian besar gratis, banyak waktu istirahat untuk bekerja, dan jaminan layanan kesehatan terjamin.

Ditambah lagi, negara ini jauh lebih kecil diba ndingkan Amerika Serikat (populasinya lebih kecil dibandingkan populasi Kota New York), yang juga membuat beberapa hal menjadi lebih mudah.

Namun, di luar sistem ini, terdapat kebiasaan dan keyakinan yang dianut masyarakat Finlandia yang membantu mereka selalu menempati posisi teratas dalam daftar Laporan Kebahagiaan Dunia. 

Di bawah ini, pakar kesehatan mental Finlandia berbagi alasan mengapa orang-orang di negara tersebut merasa lebih bahagia dan bagaimana Anda juga dapat menggunakan beberapa alat yang ada di negara tersebut untuk mencapai kebahagiaan. Kira-kira, apa saja alasannya? Yuk simak selengkapnya berikut ini ulasannya.

Finlandia

Photo :
  • BusinessInsider

Mampu Meredam Emosi

Secara keseluruhan, kami tahu bahwa memendam emosi tidak ada gunanya. Anda mungkin akan merasa kewalahan, disalahpahami, dan bahkan sedikit terjebak. 

Beberapa penelitian mengatakan menahan emosi juga dapat menghilangkan keterhubungan sosial dan berhubungan dengan  kematian dini .

Keseimbangan Kehidupan Kerja Diprioritaskan

Meskipun orang-orang di Finlandia bekerja keras, jam kerja mereka sebagian besar masuk akal, yang berarti kebanyakan orang memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang baik.

“Ini memberi Anda waktu untuk bersantai dalam kehidupan sehari-hari [dan] memberi Anda waktu untuk mengurus diri sendiri,” kata Larivaara. 

Pada akhirnya, ada waktu untuk melakukan aktivitas selain bekerja, kata Mirka Hintsanen, profesor psikologi di Universitas Oulu. Juho Saari, dekan fakultas di departemen ilmu sosial di Tampere University, menambahkan bahwa sebagian besar orang tidak perlu menempuh perjalanan jauh untuk bekerja, hal ini juga menambah tingkat kebahagiaan mereka dengan pekerjaan dan jumlah waktu luang yang mereka miliki dalam pekerjaan. hari.

Mereka Punya Banyak Akses Terhadap Alam

Ketiga pakar tersebut berbicara tentang peran penting alam dalam kehidupan dan kebahagiaan banyak orang di Finlandia. Faktanya, negara ini mempunyai peraturan yang dikenal dengan nama Everyman's Right (Hak Setiap Orang) , yang memperbolehkan masyarakat Finlandia untuk menggunakan hampir semua hutan, danau, dan wilayah tepi laut secara gratis, kata Saari.

Artinya aktivitas seperti berkemah, memetik buah beri, memetik jamur, berenang, hiking, menunggang kuda, dan ski semuanya gratis di ruang publik ini. Hintsanen mengatakan bahwa seseorang selalu dekat dengan alam di Finlandia, baik Anda berada di salah satu kota besar atau kota kecil. “Ada alam di mana-mana,” katanya.

“ Ada penelitian yang menunjukkan bahwa alam sebenarnya mengurangi stres dan hal ini juga berhubungan dengan kebahagiaan [ketika] stres Anda berkurang, maka lebih mudah untuk merasa bahagia,” kata Hintsanen. Jadi, berjalan-jalan di taman terdekat dapat membantu Anda menyalurkan tip kebahagiaan Finlandia ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya