Ilmuwan di Negara Ini Sangat Yakin Obat HIV Bisa Sembuhkan Corona

Rapid test Virus Corona.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Harapan untuk menemukan vaksin Virus Corona COVID-19 telah meningkat setelah adanya percobaan dengan menggunakan obat HIV bernama Kaletra. Perawatan seperti ini pertama digunakan oleh dokter di China yang ada di rumah sakit Wuhan, kota pertama terparah terdampak COVID-19.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Dilansir dari situs Mirror, Senin, 13 April 2020, Kaletra yang mereka resepkan adalah versi Lopinavir/Ritonovir yang diproduksi AbbVie dan belum dipatenkan. Obat kedua adalah Bismuth Potassium Citrate. "Kami percaya obat ini dapat memberi manfaat kepada pasien Corona," ujar Direktur Rumah Sakit Jinyintan Wuhan, Zhang Dingyu.

Lebih lanjut ia mengatakan dokter di Wuhan telah menggunakan resep tersebut sejak 6 Januari lalu. Rumah sakitnya juga merupakan yang pertama mengobati COVID-19 sejak ditemukan pada Desember tahun lalu.

Terpopuler: Zaidul Akbar Bocorkan Resep Kaldu Ajaib hingga Fakta-fakta Unik Tentang Uzbekistan

Pada puncak pandemi, mereka merawat sekitar 500 pasien dan saat ini menyisakan 123 pasien. Namun, penelitian pada bulan lalu yang terbit di New England Journal of Medicine menyebut bahwa obat yang mereka gunakan tidak efektif untuk Virus Corona.

Akan tetapi, Israel menyetujui lisensi Kaletra versi generik untuk mengobati pasien COVID-19. Dingyu mengatakan penelitian tersebut hanya berdasarkan data pasien yang belum menerima obat sebelum akhirnya meninggal dunia.

Resep Gampang Masak Nugget Ayam di Rumah, Dijamin Anak Pasti Suka

"Ada juga dokter yang tidak meresepkan obat tersebut. Anda harus melihat secara rinci," ungkap dia. Tenaga medis sudah mulai menggunakan Kaletra setelah dua sampai tiga hari gejala muncul. Setelah itu perubahan di paru-paru pasien benar-benar memberi hasil yang baik.

Dokter di Shanghai juga menggunakan obat tersebut, namun dikombinasikan dengan obat flu Arbidol serta pengobatan tradisional. Beberapa pasien dikatakan menunjukkan hasil yang positif alias sembuh.

Nita Vior

Bawaan Lahir yang Buat Vior Dicap Sebagai Bocah Kosong

Nita Vior bersyukur lahir dalam keadaan sehat dengan seluruh anggota tubuhnya lengkap. Namun, dia masih mengalami dampak sisa virus di otaknya.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024