Anak-anak Diajak Liburan ke Ruang Angkasa dari Rumah Aja

Satelit ruang angkasa yang masuk ke atmosfir Bumi.
Sumber :
  • space.com

VIVA – Saat pandemi Virus Corona COVID-19, masyarakat dunia diminta untuk tetap beraktivitas di dalam rumah (work from home/wfh). Namun, Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) siap mengajak anak-anak untuk berjalan-jalan ke ruang angkasa dari rumah.

Jangan Dilarang Moms, Bermain Punya 5 Manfaat Ini Buat Kecerdasan Anak

NASA bersama Lab Nasional ISS siap membantu keinginan tersebut. Mereka telah mengembangkan sejumlah program dan aktivtas untuk anak-anak yang terjebak di rumah saat ini akibat wabah Corona.

Program tersebut termasuk pelatihan menjadi astronot rumah, membangun kapal hovercraft dan meluncurkan roket.

Bisa Ancam Nyawa, Perhatikan Tanda Mencolok Anak yang Alami Lupus

"Astronot melihat Bumi dari ruang angkasa, dan ingin membagikan keindahan dan keutuhan itu," ujar Manager Pendidikan Lab Nasional ISS, Dan Barstow, seperti dikutip dari Science Alert, Selasa, 14 April 2020.

Ia mengatakan para astronot akan melakukan eksperimen medis untuk mencari obat dan membantu anak muda melihat kekuatan alam semesta yang misterius. Anak-anak bisa mengikuti jejak mereka dengan aktivitas pendidikan gratis untuk mengeksplorasi mata pelajaran sains.

Hubungan Makin Dekat, Anwar Fuady Cerita Sang Calon Istri Kerap Kirim Makanan

Mulai dari ilmu kehidupan dan kesehatan manusia hingga robot, matematika serta fisika. Panduan khusus akan disediakan untuk siswa taman kanak-kanak hingga SMA.

Anak-anak juga bisa mengambil bagian dari percobaan yang dilakukan astronot di International Space Station (ISS) dan membandingkan hasilnya dengan yang dari luar angkasa.

Program edukasi ini ditunjukkan untuk bisa menginspirasi harapan banyak anak muda dalam masa sulit memerangi Virus Corona.

"Mungkin lewat program ini, saat waktu gelap ini, kami bisa melakukan kontribusi untuk membantu anak muda merasakan harapan," ujar Barstow, dikutip laman ISS National Lab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya