Kenalan Sama 4 Astronot yang Pergi Pakai SpaceX ke ISS

Kapsul Crew Dragon milik SpaceX terbang menuju ISS.
Sumber :
  • ABC7 New York

VIVA – spacex">SpaceX baru saja meluncurkan pesawat antariksa berisi empat astronot pada Senin, 16 November 2020 menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Tiga di antaranya merupakan kru NASA, yakni Shannon Walker, Victor Glever, dan Michael Hopkins, serta satu orang dari Badan Antariksa Jepang (JAXA) bernama Soichi Noguchi.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Dalam misi ke luar angkasa kali ini, Hopkins akan menjadi komandan misi dan Glover bertugas sebagai pilot. Sementara Walker dan Noguchi menjadi spesialis misi. Sebelum melakukan perjalanan, Hopkins telah berada di antariksa 166 hari dan menghabiskan 12 jam 58 menit untuk spacewalking.

Baca: Taksi Luar Angkasa SpaceX Kembali Mengudara

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Hopkins, yang merupakan kolonel Angkatan Udara AS itu, sudah menjadi astronot sejak 2009, seperti dilansir dari laman Space, Selasa, 17 November 2020. Sementara Noguchi sudah terpilih sebagai kandidat astronot oleh JAXA sejak Mei 1996. Perjalanan pertamanya ke antariksa adalah pada 2005 dalam misi STS-114 return to flight.

Saat itu dirinya melakukan tiga kali spacewalk dan menghabiskan dua minggu di luar angkasa. Sementara perjalanan berikutnya adalah pada 2009-2010 yang mempertemukan Noguchi dengan astronot Jepang lain yakni Naoko Yamazaki.

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Sedangkan, Walker harus menghabiskan hampir 20 tahun sebelum terpilih menjadi astronot pada 2004. Kehidupan antariksanya yang paling berkesan pada 2010 bersama tiga wanita lain dan menjadi kontingen berisi perempuan terbesar saat itu.

Berbeda dengan tiga temannya, perjalanan ini merupakan yang pertama bagi Glover. Namun sebenarnya sudah terpilih menjadi astronot sejak 2013. Menurut NASA, Glover merupakan pilot dengan pengalaman tinggi. Ia telah terbang lebih dari 3.000 jam pada 40 penerbangan.

Selain itu Glover juga pernah mendarat kan pesawat di kapal induk sebanyak 400 kali serta berpartisipasi dalam 24 misi tempur. Pengalamannya semakin panjang karena dirinya pernah menjadi pilot uji coba dan juga rekan legislatif di Senat AS.

Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA mengatakan mereka tengah memasuki era baru, dengan perjalanan astronot yang rutin ke orbit rendah Bumi dilakukan oleh perusahaan komersial.

Roket Falcon dan kapsul Crew Dragon milik SpaceX meninggalkan landasan Kennedy Space Center pada pukul 19.27 waktu setempat. Perjalanan mencapai Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) akan memakan waktu lebih dari satu hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya