Mau Lagumu Tampil di Spotify, Begini Caranya

Spotify
Sumber :
  • Spotify

VIVA – Dalam beberapa tahun terakhir, musik streaming telah melampaui populartitas musik berformat fisik. Kini semakin banyak orang beralih ke platform streaming, seperti Spotify, Apple Music hingga YouTube Music.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Dilansir dari Laptop Mag, Kamis, 26 November 2020, ada kemungkinan layanan streaming bisa memberikan efek yang luar biasa kepada musisi melalui lagu yang diunggah musisi. Mereka bisa menarik jutaan pengikut, bahkan masuk dalam daftar Spotify New Music Friday atau Best Of The Week Apple.

Lalu, bagaimana mengunggah karya Anda ke platform streaming?

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Spotify tidak memungkinkan Anda untuk mengunggah musik secara langsung. Musisi harus mendaftarkan dirinya ke distributor musik, agar lagunya bisa diunggah ke platform. Layanan distribusi musik akan menangani masalah perizinan dan distribusi karya Anda.

Mereka juga bekerja sama dengan platform streaming untuk mengunggah musik, sehingga Anda bisa mendapat royalti saat ada penggemar yang mendengarkan kreasi Anda.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Setelah mendapat distributor, pengguna harus membuat profil Spotify. Dengan ini Anda bisa mendapat akses statistik audiens dan alat-alat untuk mempromosikan musik serta mengelola profil Spotify.

Beberapa dari jutaan playlist, dibuat berdasarkan algoritma Spotify yang dikurasi oleh tim ahli, termasuk genre, gaya hidup dan budaya. Daftar putar yang direkomendasikan ke pengguna berdasarkan kebiasaan dan selera mereka.

Daftar putar ini juga dianggap sebagai langkah jitu dalam mempromosikan musik Anda untuk mengembangkan basis penggemar dan meningkatkan peluang menjadikan musik Anda sebagai lagu hit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya