Sering Layani Perusahaan BUMN, IDMETAFORA Fokuskan Bisnis Jasa ERP

Ilustrasi IDMETAFORA (diskusi perusahaan penyedia jasa/product ERP di Indonesia)
Sumber :
  • IDMETAFORA

VIVA – Prediksi begitu cepatnya laju bisnis di awal tahun 2021 ini akan membuat banyak sekali perusahaan-perusahaan besar membutuhkan teknologi yang mumpuni yang dapat membantu operasional bisnis di setiap lini bisnis. 

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Jika tidak beradaptasi dan cepat mengikuti trend yang kian dinamis, perusahaan kelas dunia pun dapat runtuh dalam waktu yang singkat. 

IDMETAFORA yang merupakan salah satu perusahaan konsultan jasa teknologi yang fokus di pengembangan ERP (Enterprise Resources Planning) dari Indonesia menyampaikan bahwa, ERP adalah aplikasi bisnis yang mampu menjawab banyak sekali permasalahan bisnis skala besar dengan kompleksitas bisnis yang tinggi. 

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

"Saat perusahaan ingin memperbesar skala bisnisnya, saat perusahaan mulai menetapkan standar operasional secara ketat dan tetap terkontrol, maka perusahaan akan sangat butuh dengan solusi ERP", jelas M. Abdurrohman Alhafidz yang merupakan Direktur Utama dari IDMETAFORA (PT Metafora Indonesia Teknologi). 

Terhubungnya data dari berbagai departement dalam perusahaan juga menjadikan kunci untuk meningkatkan potensi terbaik dari masing-masing departement yang ada di suatu perusahaan. 

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

"Saat terbaik bagi perusahaan untuk menggunakan ERP adalah ketika perusahaan sudah mempunyai visi untuk menjadi besar dan ingin memperbesar skala bisnisnya dari perusahaan kecil menjadi perusahaan menengah bahkan perusahaan besar. Ketika jumlah karyawan sudah lebih dari 10 orang adalah saat terbaik bagi perusahaan untuk mulai bertahap mengimplementasikan modul ERP", ungkap M. Abdurrohman Alhafidz.

Hafidz juga menjelaskan bahwa implementasi ERP pada umumnya dilakukan secara bertahap per departement perusahaan dan menyesuaikan jenis bisnis dari klien.

"Implementasi ERP di perusahaan satu dan perusahaan lainnya tentu berbeda-beda, yang kami lakukan ketika ada klien baru adalah kami akan identifikasi dan rencanakan dari departement mana terlebih dahulu kami akan lakukan implementasi ERP. Perusahaan manufaktur dan perusahaan jasa misalnya dari proses bisnis saja sudah jelas berbeda, maka perlu perlakuan khusus dan tidak bisa disamakan. Begitu juga dengan perusahaan perdagangan, beda lagi proses bisnisnya", terang Hafidz.

Selain menyediakan ERP yang sesuai kebutuhan di setiap bidang bisnis, IDMETAFORA juga bersama tim bisnisnya secara terus menerus membuat proses bisnis semakin mudah dan lebih efektif dari umumnya.

"Yang IDMETAFORA lakukan adalah selain menyediakan sistem sesuai standar masing-masing industri, kami lakukan business process reengineering untuk menangkas hal-hal yang terkadang memperpanjang proses bisnis namun tidak memberikan value ke perusahaan" ungkap direktur muda yang sudah lebih dari 10 tahun di industri IT ini. 

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di industri pengembangan sistem informasi manajemen perusahaan baik melayani instansi pemerintahan maupun perusahaan-perusahaan BUMN, Hafidz yang kini menjabat direktur utama IDMETAFORA ini turut membawa semangat memberdayakan perusahaan-perusahaan di Indonesia agar mampu memperbesar skala bisnisnya. 

"Sejak awal IDMETAFORA berdiri dari tahun 2014, kita sudah melayani lebih dari 100 proyek baik di dalam maupun dari luar negeri. Akhir-akhir ini banyak klien IDMETAFORA dari BUMN yang sering meminta kami membantu meningkatkan produktifitas bisnis mereka dengan solusi ERP" ungkap Hafidz. 

Adapun dalam proses implementasi ERP umumnya terdapat berbagai tantangan yang biasa dihadapi perusahaan penyedia jasa ERP ketika menerapkan ERP ke perusahaan klien.

Tim Senior Programmer di IDMETAFORA, Taufik Rusdianto menyampaikan bahwa “implementasi dan migrasi dari system lama yang masih tradisional ke ERP bukan hal yang mudah, karena mengubah kebiasaan lama ke kebiasaan baru, perlu dukungan yang kuat dari klien mulai dari level management sampai level data entry agar implementasi berjalan dengan yang diharapkan. Sangat penting terus koordinasi antara vendor penyedia jasa ERP yang professional dan klien pengguna jasa ERP”. 

Taufik Rusdianto juga menyampaikan bahwa isu security/keamanan juga sangat penting diperhatikan ketika implementasi ERP.  

“Menagement data perusahaan, optimasi aplikasi dan pemilihan teknologi yang tepat perlu diperhatikan dengan sangat sistematis agar data-data perusahaan tetap aman dan terlindungi dengan baik”, ujar Taufik Rusdianto. 

Selain itu juga Programmer Senior IDMETAFORA ini juga menyampaikan tantangan alur bisnis dalam implementasi ERP, “Perbedaan alur bisnis antar perusahaan satu dan perusahaan lainnya juga menjadi tantangan tersendiri dalam implementasi ERP. Penting sekali untuk memilih vendor yang dapat mengerti alur bisnis klien secara matang”, ujar Taufik Rusdianto.

IDMETAFORA dengan begitu banyak pengalaman baik di perusahaan nasional, BUMN maupun perusahaan multinasional sudah memiliki track record yang teruji sebagai developer dan implementor ERP di Indonesia. 

Awal tahun 2021 akan menjadi momentum yang menantang bagi ekosistem bisnis baik jasa, manufaktur maupun perdagangan. ERP bisa menjadi pilihan terbaik untuk mempermudah operasional bisnis anda dan suatu keharusan ketika anda berniat memperbesar skala bisnis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya