Sepi Pengunjung, Warnet Dirombak Jadi Tambang Bitcoin

Warnet yang disulap jadi tempat menambang bitcoin.
Sumber :
  • Tomshardware

VIVA – Pandemi COVID-19 telah berdampak buruk pada banyak bisnis. Beberapa bertahan dengan menghasilkan cara baru untuk menghasilkan sumber pendapatan. Salah satu contohnya adalah kafe internet di Vietnam, Internet Cafe Computer Star, yang beralih ke penambangan Bitcoin

Seberapa Penting Budaya Clock in dan Clock Out Karyawan Dorong Kinerja Perusahaan? Ini Penjelasannya

Pengguna Twitter dengan nama @I_Leak_VN mengunggah beberapa gambar yang mengesankan, termasuk sejumlah kartu grafis RTX 3080. Ia menulis keterangan, "Ketika COVID menyerang negara saya dan ini adalah ide gila CafeNet," ujarnya. 

Lokasi tersebut menampilkan warung internet (warnet) tiga lantai. Tampaknya pandemi telah menyebabkan keuntungannya menurun. Dalam postingan Facebook, perusahaan mengaku sedang mengalihkan model bisnisnya, dari warnet ke cryptocurrency mining

Ahok Sebut Gaji Ideal Warga yang Tinggal di Jakarta Minimal Rp 5 Juta

Model bisnis tersebut diakui lebih menghasilkan. Saat ini saja, harga mata uang digital kripto seperti Bitcoin dan Ethereum terus mencapai rekor tertinggi. Peralihan bisnis ini bisa dibilang cerdik karena PC bisa difungsikan untuk terus melakukan penambangan. 

Melansir dari situs Techspot, Kamis, 18 Februari 2021, keuntungan lain di warnet itu adalah persediaan kartu grafis RTX 3080. Satu GPU dapat menghasilkan keuntungan harian yang cukup signifikan. 

AirAsia Indonesia Bukukan Pendapatan Rp 6,62 Triliun pada Tahun 2023

Sedangkan satu PC biasanya hanya akan menghasilkan pendapatan kecil per hari. Tapi ketika serangkaian GPU ini terhubung ke PC, perangkat dapat dengan mudah menghasilkan tambahan pendapatan. 

Banyak negara yang masih memberlakukan kebijakan penutupan bisnis dan tindakan jarak sosial. Sebagian besar warnet sedang kosong. Tidak diragukan lagi, begitu keuntungan penambangan menurun dan infeksi COVID-19 turun, warung internet dapat kembali ke model bisnis mereka sebelumnya.

Ilustrasi konsumen.

Konsumen Makin Pede Tatap Ekonomi Indonesia, BI Ungkap Indikatornya

Bank Indonesia (BI) mencatat, optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat pada April 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024