China Berhasil Merekam Suara di Mars

Gambar Misi China di Planet Mars.
Sumber :
  • www.smcp.com

VIVA – Badan Nasional Antariksa China (China National Space Administration/CNSA) baru-baru ini membagikan video baru mengenai misinya di Planet Mars. Untuk pertama kalinya audio yang ditangkap oleh Robot Penjelajah Zhurong yang dianggap sebagai inti dari misi Tianwen-1.

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Klip pertama menunjukkan rover yang diluncurkan dari Bumi pada 23 Juli 2020 dan tiba di Mars pada musim semi 2021 melintasi kawah besar yang dikenal sebagai Utopia Planitia, kira-kira 1.800 kilometer timur laut dari penjelajah Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) Perseverance.

"Pengorbit dan penjelajah Mars berada dalam kondisi kerja yang baik, melaporkan dengan aman dari Mars ke Tanah Air, serta memberikan berkah pada abad ini," menurut keterangan resmi CNSA.

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Sebuah lanskap yang beragam dengan es di bawah tanah, gunung berapi, bukit pasir, dan banyak lagi, Utopia Planitia dipilih oleh CNSA untuk eksplorasi Zhurong selama sekitar 90 hari sebagai kelanjutan dari pencarian manusia untuk tanda-tanda kehidupan kuno.

Klip lain menunjukkan roda Zhurong bergerak di wilayah pendaratannya, menjadi1 bagian penting dari pendaratan parasut yang mengerikan pada 14 Mei kemarin, seperti dikutip dari situs Mashable, Selasa, 29 Juni 2021.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Gambar-gambar ini diambil menggunakan kamera nirkabel Zhurong yang dapat disimpan di tanah dan kemudian diambil kembali.

Namun klip terakhir, yang diambil dari kamera yang terpasang di tiang tengah Zhurong, menunjukkan rover pertama kali menyetel rodanya di permukaan Mars, mencakup audio rover yang sedang bekerja.

Ilmuwan CNSA berharap bisa menggunakan sistem audio untuk menangkap suara angin di Mars, sesuatu yang diharapkan akan kita dengar di pembaruan mendatang mengenai misi China di Planet Merah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya