Apa Itu Cryptocurrency? Berikut Penjelasan dan Jenis-jenisnya

Cryptocurrency.
Sumber :
  • Information Age

VIVA – Di antara kalian mungkin sudah mendengar dengan istilah Bitcoin, ataupun kripto. Namun, ada juga yang belum mengenal kedua istilah tersebut. Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang kripto yang banyak diperbincangkan di masyarakat.

Cocok untuk Content Creator, Aset Kripto Ini Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Lalu, apa itu Cryptocurrency? Berikut penjelasan dan jenis-jenisnya.

Bersumber dari kanal youtube kemkominfo TV, Mata uang kripto atau cryptocurrency, ialah sebuah aset digital yang dirancang untuk media pertukaran menggunakan kriptografi. 

6 Tips Dasar Bermain Cryptocurrency

Dalam pengamanan transaksi keuangan, Kriptografi ini sangat kuat, memverifikasi transfer aset, dan juga untuk mengontrol perciptaan unit tambahan. 

Meski mata uang ini digunakan untuk alat pertukaran, uang kripto di Indonesia tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. 

Blockchain Bikin Transaksi Keuangan Lintas Batas Enggak Ribet

Awal mula munculnya Cryptocurrency

Cryptocurrency atau mata uang kripto sudah dikenal sejak tahun 1998 yang digagas oleh Wei Dai. Namun pada tahun tersebut sistem kripto belum bisa diimplementasikan karena pengguna bisa menduplikasi mata uang karena tidak adanya catatan transaksi. 

Mengutip dari kanal YouTube Kominfo, tahun 2008 lalu mengenai pengembang yang bernama samaran Satoshi Nakamoto yang dapat menyelesaikan permasalahan ini. Di tahun berikutnya, mata uang Bitcoin kripto dengan teknologi blockchain pertama kali diluncurkan. 

Bitcoin saat ini menjadi salah satu mata uang paling populer dan digemari oleh masyarakat yang tertarik dengan cryptocurrency. Setiap orang yang menggunakan mata uang kripto memiliki nomor rekening seperti halnya nomor rekening bank. 

Nomor rekening ini dinamakan public key, untuk kata sandinya dinamakan stream key. Dengan dua hal inilah mata uang kripto memiliki ilmu yang bernama cryptography yang memungkinkan untuk tidak bisa di hack oleh orang lain.

Cryptocurrency tidak memiliki wujud fisik seperti mata uang tunai seperti rupiah dan terdapat pada internet. 
Mata uang kripto ini tidak disimpan di bank ataupun e-wallet. Mata uang kripto disimpan di sebuah sistem yang bernama blockchain.

Blockchain tersebut akan mengatur dan mengelola data transaksi mata uang digital. Sedangkan pengelolanya adalah penggunanya sendiri dan bukan dari pihak ketiga. Transaksi menggunakan sistem ini bersifat terbuka dan bebas, selain itu transaksi ini juga bersifat anonim yang artinya anda tidak bisa mengetahui identitas pengguna lainnya. 

Berikut Jenis-jenis mata uang kripto yang populer di masyarakat:

1. Bitcoin 

Bitcoin merupakan jenis cryptocurrency pertama yang hingga kini masih sangat populer. Jenis cryptocurrency ini pertama kali muncul pada tahun 2009 oleh pihak yang bernama Satoshi Nakamoto. Tidak ada yang mengetahui apakah itu merupakan nama orang, kelompok, atau perusahaan dan dari mana mereka berasal.

2. Litecoin

Litecoin merupakan jenis cryptocurrency yang hadir pula pada awal mata uang digital tersebut diluncurkan.
Jenis cryptocurrency ini hadir pada tahun 2011 sebagai mata uang digital peer-to-peer (P2P) yang menghasilkan blok baru (yang membentuk blockchain) dengan kecepatan lebih cepat.

Oleh sebab itu, Litecoin memungkinkan pengguna melakukan transaksi dengan lebih cepat tanpa memerlukan sistem komputasi yang powerful.

3. Dogecoin

Dogecoin adalah turunan dari Litecoin yang muncul pada Desember tahun 2013. Sesuai dengan namanya, dogecoin merupakan cryptocurrency yang menjadikan anjing Shiba Inu sebagai maskotnya.

Jenis mata uang ini dikenal sebagai cryptocurrency yang paling bersahabat, dikarenakan komunitasnya kerap melakukan donasi, amal, dan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Dogecoin ini memiliki nilai yang jauh lebih rendah daripada bitcoin. Maka, tidak heran jika pengguna biasanya menggunakan jenis mata uang ini hanya untuk transaksi kecil, donasi, dan memberi tip. 

4. BitcoinCash

BitcoinCash baru diluncurkan pada Agustus 2017, namun hingga saat ini sudah menjadi lima cryptocurrency terbaik.

Jenis mata uang ini diluncurkan karena adanya sekelompok pengguna Bitcoin tidak setuju dengan beberapa aturan yang berlaku.

Lantas kemudian mereka memisahkan diri dan membentuk sebuah mata uang digital sendiri yang dinamakan BitcoinCash. Kelompok tersebut juga melakukan beberapa improvisasi yang menurut mereka lebih baik dari cryptocurrency pertama tersebut.

5. Feathercoin

Feathercoin adalah jenis cryptocurrency yang bersifat open source. Jenis mata uang ini dibuat oleh Peter Bushnell, seorang IT officer di Brasenose College, Ofxord Univesity pada April 2013. Feathercoin memiliki kesamaan dengan Litecoin dan berada di bawah lisensi MIT/X11.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya