Lulusan SMA dan SMK Jadi Target Potensial

Ilustrasi kegiatan siswa-siswi SMK.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Penyedia jasa pendidikan vokasi bidang perhotelan, kulineri, pastry-bakery, pariwisata dan ekonomi kreatif, PT IDeA Indonesia Akademi Tbk melakukan ekspansi secara aset strategi dengan menggandeng hotel-hotel berbintang untuk dijadikan kantor cabang sekaligus teaching factory dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan.

Pemerintah Bakal Tambah Saham Freeport Jadi 61 Persen, Bahlil Buka-bukaan Pertimbangannya

"Dengan menyelenggarakan sistem pelatihan yang bertempat langsung di industri komersial, maka peserta bisa melihat, terlibat, merasakan dan langsung dapat mengambil peran dalam operasional sehari-hari," kata Direktur Utama PT IDeA Indonesia Akademi Tbk, Eko Desriyanto, Senin, 27 Desember 2021.

Para peserta lantas diharapkan akan terbiasa menggunakan fasilitas berstandard industri, selain dibimbing oleh praktisi dan langsung berkomunikasi dengan konsumen industri.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Oleh karena itu, sejak 2009, telah terbukti para lulusan pelatihan dari IDeA sangat cepat terserap kerja. Baik di kapal pesiar, perhotelan, resotran, katering, kedai kopi, bandara maupun di perkantoran dan perusahaan umum lainnya.

Kali ini, Hotel Garden Palace – hotel bintang 4 dengan kapasitas 370 kamar di Surabaya, Jawa Timur – dipilih untuk mengawali rencana ekspansi IDeA di 20 Kota di Indonesia.

Geger Seorang Pelajar SMP Terkapar Dikeroyok Sesama Pelajar, Pelaku Panik Ada CCTV

"Hotel Garden Palace Surabaya dipilih karena memenuhi syarat untuk dijadikan kantor cabang IDeA setelah melalui proses assessment dalam beberapa bulan terakhir," tutur Eko.

Jawa Timur menjadi lokasi ekspansi IDeA karena memiliki jumlah SMA dan SMK terbanyak kedua nasional setelah Jawa Barat. Lulusan SMA dan SMK, lanjut Eko, adalah target potensial untuk mengikuti pelatihan di IDeA Indonesia Akademi.

Ia juga menambahkan, Surabaya juga dipilih karena memiliki 'city branding' yang kuat sebagai kota pendidikan dan budaya, sekaligus menjadi 'connecting city' untuk target pasar dari wilayah Timur Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan Hotel Garden Palace, Djie Peterjanto Suharjono, menyambut baik kolaborasi tersebut.

"Kami bisa dibantu meningkatkan kualitas operasional dan pelayanan dengan excellent service yang selama ini identik dengan siswa dan lulusan IDeA," ungkapnya.

iDeA Indonesia Akademi akan resmi beroperasi di Hotel Garden Palace mulai 17 Januari 2022. Penjaringan peserta akan dilakukan mulai periode 1 Februari hingga 30 Mei 2022.

Sementara proses pendidikan dan pelatihan akan dimulai pada periode 1 Juni 2022, di mana seluruh peserta akan langsung tinggal di kamar-kamar Hotel Garden Palace selama 6 bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya