Frekuensi 5G Indonesia Tidak Ganggu Penerbangan

Teknologi 5G.
Teknologi 5G.
Sumber :
  • China Daily

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menegaskan spektrum frekuensi radio untuk jaringan telekomunikasi 5G di Indonesia aman tidak mengganggu spektrum frekuensi keselamatan penerbangan.

Penegasan itu disampaikan kepada masyarakat karena adanya pemberitaan mengenai pembatasan sementara penggelaran jaringan 5G di Amerika Serikat yang menggunakan pita frekuensi 3,7 GHz, khususnya di area sekitar bandara.

Menkominfo mengatakan pemerintah Indonesia perlu hadir memberikan penjelasan menyeluruh kepada masyarakat agar mendapatkan konteks yang tepat.

"Kami perlu hadir memberikan penjelasan kepada publik agar informasi dapat dipahami untuk konteks Indonesia dengan tepat. Sebab, di Indonesia, layanan 5G yang saat ini beroperasi secara komersial oleh 3 operator seluler nasional yakni Telkomsel, Indosat, dan XL menggunakan 2 pita frekuensi seluler eksisting yaitu pita frekuensi 1800 MHz dan 2,3 GHz," kata dia, melalui konferensi pers di Gedung Kominfo, Jakarta, Rabu, 19 Januari 2022.

Johnny G Plate juga bahwa menjelaskan saat ini Kominfo melakukan farming dan refarming spektrum frekuensi radio agar pemanfaatan pita frekuensi radio berlangsung optimal.

Menurutnya, jaringan 5G di Indonesia disiapkan untuk Low Band pada pita frekuensi 700 MHz, Middle Band pada pita frekuensi 3,5 GHz dan 2,6 GHz, dan High Band pada pita frekuensi 26 GHz dan 28 GHz.

"Untuk pita frekuensi baru yang sedang dalam proses farming dan refarming guna memberikan tambahan bandwidth dan variasi use cases layanan 5G, sehingga lebih berkualitas dan optimal bagi masyarakat dan pelaku usaha," paparnya.