4 Cara Cek Kuota 3 (Tri) dengan Mudah, Bisa Lewat Aplikasi Bima+

Tri Indonesia.
Sumber :
  • tri.co.id

VIVA – Cara cek kuota Tri dapat dilakukan dengan mudah, baik melalui aplikasi resmi atau tanpa aplikasi sekali pun. Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, pemakaian internet tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, operator telekomunikasi di Indonesia berlomba-lomba untuk menyediakan paket internet.

Paket internet tersebut hadir dalam berbagai pilihan kuota. Kamu dapat memilih paket tersebut sesuai dengan kebutuhan internet dan preferensi masing-masing.

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Salah satu operator seluler unggulan yang ada di Tanah Air adalah 3 atau Tri Indonesia. Mulai dari paket regular sampai paket 4G, operator Tri menyediakan seluruhnya hanya untuk kamu.

Dengan jaringan yang sangat luas dan koneksi yang cepat, akhirnya Tri dipilih banyak orang untuk memenuhi kebutuhan internet dan komunikasi mereka.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Maka dari itu, pasti kesal rasanya bila kuota 3 tiba-tiba habis ketika kamu tengah asyik berselancar di dunia maya.

Jadi, kamu harus mengetahui cara cek kuota 3 supaya kamu tidak kecolongan dan kejadian hal tersebut.

Operator telekomunikasi yang satu ini mempunyai berbagai cara untuk mengecek kuota. Semua cara ini sangat mudah untuk dilakukan, baik dengan SMS sampai aplikasi tertentu. Bila sudah mengetahui cara cek kuota Tri, tidak ada lagi alasan kehabisan kuota internet:

Cara Cek Kuota 3 Melalui SMS

Ilustrasi pesan singkqt SMS.

Photo :
  • U-Report

Cara cek kuota 3 yang pertama adalah dengan layanan pesan singkat atau melalui SMS. Tentu saja kamu sudah cukup familiar dengan cara yang satu ini. Untuk mengetahui sisa kuota kartu 3 lewat SMS, sebenarnya sama seperti kamu akan mengirimkan pesan SMS pada umumnya. Hanya dengan mengetikkan pesan dan kirim ke nomor tertentu. Akan tetapi, ada format khusus yang harus diikuti.

1. Cara Cek Kuota Reguler

Buka aplikasi SMS di ponsel kamu kemudian ketik SMS dengan format INFO(spasi) DATA. Lalu, kirimkan ke nomor 234. Setelah itu, kamu akan memperoleh SMS balasan dari operator 3. Mereka akan menginformasikan sisa kuota internet 3 lewat SMS, secara lengkap dengan nomor Tri.

2. Cara Cek Kuota Internet 4G

Bila menggunakan paket internet 4G, kamu juga dapat mengecek kuota 3 melalui SMS. Caranya sama dengan cara cek kuota 3 reguler, hanya berbeda format saja. Kamu dapat memakai format INFO(spasi)KUOTA4G kemudian kirim ke 234. Nantinya, pihak operator 3 akan menginformasikan sisa kuota internet 4G seperti format di atas.

Cara Cek Kuota 3 Melalui Aplikasi BimaTri

Bima+ 3

Photo :
  • Tangkapan Layar

BimaTri merupakan sebuah aplikasi yang akan memudahkan kamu dalam memakai layanan operator. Lewat aplikasi tersebut kamu dapat melakukan berbagai hal, termasuk cara cek kuota 3. Tenang saja, karena aplikasi resmi ini sudah bisa diakses untuk semua jenis ponsel, baik Android maupun iPhone. Setalah itu, ikuti langkah-langkah untuk mengetahui kuota Tri di bawah ini.

  • Buka aplikasi BimaTri yang telah didownload.
  • Buat profil dengan memasukkan nomor 3 kamu.
  • Setelah itu, kamu akan memperoleh kode verifikasi lewat SMS yang dikirimkan ke nomor ponsel.
  • Massukan kode verifikasi tersebut kemudian pilih “Lanjutkan”.
  • Aplikasi BimaTri akan memperlihatkan informasi tentang kartu SIM, mulai dari sisa pulsa, masa berlaku, sampai sisa kuota.

Selain untuk mengetahui sisa kuota, aplikasi ini juga dapat melakukan berbagai hal. Mulai dari berlangganan musik secara online yaitu Joox, membeli paket data khusus untuk bermain game, sampai membeli voucher Google Play. Kamu juga akan memperoleh kesempatan untuk mendapatkan banyak promo dan paket 3 dengan harga terjangkau.

Cara Cek Kuota 3 dengan Website

Cara tukar poin Tri

Photo :
  • Tangkapan Layar

Beberapa dari kamu mungkin enggan untuk mengunduh aplikasi BimaTri, baik karena dinilai ribet atau kapasitas memori ponsel yang terbatas. Tapi tenang, kamu masih bisa menikmati kemudahan yang sama dengan mengakses website BimaTri. Caranya juga tidak kalah mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka website tri.co.id di browser ponsel kamu.
  • Kemudian klik ikon bergambar bima+ yang terletak di pojok kiri atas, dan pilih login.
  • Tambahkan nomor 3 kamu klik tanda panah.
  • Setelah itu, kamu akan memperoleh kode verifikasi lewat SMS di nomor 3 kamu.
  • Tambahkan kode verifikasi pada website kemudian pilih lanjutkan.
  • Website BimaTri ini akan memperlihatkan informasi tentang sisa kuota dan masa aktifnya.

Cara Cek Kuota 3 Lewat Kode USSD

Ilustrasi berjualan pulsa melalui aplikasi di ponsel

Photo :
  • Freepik

Cara cek kuota 3 berikutnya adalah lewat dial telepon. Jangan bayangkan kamu akan menelepon pihak 3 untuk mengecek kuota, tapi kamu bisa memanfaatkan kode USSD untuk melihat sisa kuota. Seperti yang sudah diketahui bahwa kode USSD merupakan kode yang umumnya diawali dengan tanda bintang dan diakhiri dengan tanda pagar.

Nah, untuk pengguna operator seluler 3, kode USSD untuk mengecek kuota internet adalah *111#. Kemudian kamu ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengecek kuota 3.

  • Buka aplikasi telepon di ponsel kamu kemudian ketikkan *111# di keypad ponsel.
  • Kemudian ketik angka 4 untuk pilihan Cek Kuota.
  • Setelah itu, pilih kuota apa yang akan kamu cek, misalnya adalah kuota data kamu bisa mengetik angka 2.
  • Setelah itu, ketikkan nomor sesuai pilihan kuota 3 yang akan kamu cek.
  • Pilih status & info, ketik angka 8 dan ikuti langkah-langkah sampai pihak operator mengirimkan sisa kuota lewat SMS.

Hal yang harus diperhatikan Sebelum Mengecek Kuota 3

Tri Indonesia

Photo :
  • tri.co.id

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengecek kuota 3. Beberapa tips ini tentu saja akan membantu kamu dalam mengoptimalkan penggunaan kuota 3, baik internet atau yang lainnya. Pertama, kamu harus mengecek kuota secara rutin, dan memastikan masa aktifnya tidak habis. Dengan begitu, kamu akan mengetahui pada tanggal berapa paket internet akan habis.

Kemudian yang kedua adalah isi ulang pulsa secara berkala, tidak usah menunggu masa tenggang. Lalu, bila kamu ingin memperpanjang paket internet, pastikan sudah mengisi pulsa terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan registrasi ulang langganan paket internet 3. Bila hal ini tidak dilakukan, maka akan membuat pulsa kamu terpotong banyak.

Kemenkominfo menyelenggarakan kegiatan chip in literasi digital

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Kemenkominfo menyelenggarakan kegiatan chip in Literasi Digital dengan mengusung tema “Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya”.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024