Jaga Kualitas Jaringan 4G dan 5G supaya Jangan 'Byar Pet'

Jaringan 3G, 4G, dan 5G.
Sumber :
  • Gizmologi.com

VIVA – Memasuki hari kedua gelaran MotoGP Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), terus memantau beragam kesiapan layanan telekomunikasi 4G dan 5G.

Ajak Netizen Pakai Medsos untuk Hal Positif, Aurelie Moeremans: Aku Banyak Banget Dapet Kerjaan

Mulai dari kesiapan jaringan pita lebar, infrastruktur, hingga perangkat. Hal ini ditegaskan oleh Menkominfo Johnny G Plate.

"Saya ingin sampaikan bahwa Kominfo dan tim telekomunikasi telah membangun, menyediakan dengan baik. Mari kita jaga perangkat telekomunikasi yang diletakkan di wilayah Mandalika dengan baik agar layanan telekomunikasi 4G dan 5G bisa berfungsi dengan optimal," kata Menkominfo, beberapa waktu lalu.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Johnny G Plate juga mengatakan, pengalaman 5G (5G experience) juga disiapkan dari sejumlah operator seluler selama acara MotoGP Mandalika.

Salah satunya Telkomsel yang menyediakan fasilitas jaringan 4G/LTE serta Hyper 5G di kawasan Mandalika International Street Circuit.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Operator seluler pelat merah itu menambah 132 BTS 4G/LTE untuk melengkapi total 382 BTS 4G/LTE yang beroperasi melayani kebutuhan akses komunikasi khususnya broadband bagi masyarakat dan pengunjung di kawasan Mandalika.
Khusus di Sirkuit Mandalika, Telkomsel mengoperasikan tambahan 11 Compact Mobile BTS (Combat) 4G/LTE.

"Kami juga menambah kapasitas seluruh BTS 4G/LTE yang difokuskan di sejumlah area dengan potensi lonjakan trafik komunikasi tinggi, seperti area penginapan, lokasi wisata kuliner, pusat kesehatan, bandara dan pelabuhan, serta destinasi wisata," kata Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho.

Soal jaringan dan layanan Hyper 5G, Telkomsel menggelar 16 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik di kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok.

Selain itu juga ada beberapa use case teknologi terbaru yang disokong teknologi generasi kelima tersebut, di antaranya humanoid robot, cloud gaming, 5G drone, dan AR industrial work instruction.

"Selama gelaran MotoGP Mandalika, pelanggan juga bisa merasakan keunggulan jaringan Hyper 5G dengan menjajal kecepatan akses broadband menggunakan sejumlah smartphone 5G yang didukung sejumlah mitra seperti Apple, Xiaomi, Vivo, dan Oppo," jelas dia.

MotoGP Mandalika digelar pada Jumat-Minggu, 18-20 Maret 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya