Menggemakan Game eSports Lokal

eSports.
Sumber :
  • Dunia Games

VIVA – Telkomsel bersama Indico dan Melon Indonesia menggelar turnamen game eSports lokal 'Lokapala Jawara Nusantara' yang akan berlangsung mulai 23 Maret hingga 1 April 2022.

Moonton Cares dan Hope Cup Kolaborasi dengan Akademi Garudaku

Lokapala Jawara Nusantara merupakan turnamen eSports yang dirancang untuk mendukung pengembangan game lokal, sekaligus membangun semangat Nusantarais melalui game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) asal Indonesia, yakni Lokapala, yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios dan Melon Indonesia sebagai publisher.

Informasi saja, Lokapala pernah dipertandingkan dalam PON XX Papua sebagai pertandingan persahabatan.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Lanjut lagi, turnamen ini akan mempertandingkan antara tim pro player game Lokapala dengan ribuan gamer lokal di 43 kota untuk memperebutkan total hadiah mencapai Rp100 juta.

"Kami berharap turnamen ini dapat mengoptimalkan potensi Lokapala sebagai game lokal, serta mendukung penguatan literasi budaya bangsa karena menonjolkan beragam unsur sejarah dan kebudayaan asal Indonesia yang diadaptasi dari para ikon kerajaan Nusantara," ungkap Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, dalam konferensi pers virtual, Selasa, 22 Maret 2022.

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Pada kesempatan yang sama, Kepala Eksekutif Indico Andi Kristianto melihat adanya potensi untuk menjadikan kekuatan industri game lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

Menurutnya, turnamen Lokapala Jawara Nusantara menjadi salah satu jalan untuk mewujudkan mimpi tersebut.

"Kolaborasi seluruh pihak dalam turnamen ini akan semakin memperkuat misi bersama membuka peluang bagi pembuat konten serta talenta lokal untuk berkontribusi dalam industri game nasional yang dalam skala makro akan memajukan ekonomi kreatif dan digital Indonesia," jelasnya.

COO Anantarupa Studios Diana Paskarina menambahkan jika saat ini Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mempunyai game eSports sendiri, yaitu Lokapala.

"Turnamen Lokapala Jawara Nusantara memberikan peran penting dalam pertumbuhan industri game nasional dan ekosistem eSports di Tanah Air," ungkap dia.

Pendaftaran turnamen game eSports lokal 'Lokapala Jawara Nusantara' sudah dibuka sejak 4-20 Maret 2022.

Selanjutnya, para peserta akan mengikuti rangkaian babak kualifikasi yang berlangsung pada 23-24 Maret 2022.

Dalam babak kualifikasi, seluruh peserta akan dibagi menjadi 8 grup yang di setiap grupnya terdiri dari 28-30 tim untuk bersaing menjadi yang terbaik.

Lalu, sebanyak 16 tim yang diambil dari peringkat dua teratas setiap grup berhak maju ke babak Golden Ticket untuk memperebutkan empat kursi di grand final.

Empat tim yang lolos akan bertanding bersama empat tim pro player Lokapala dengan sistem grup di partai final ‘Jawara Nusantara’ pada 1 April 2022 untuk memperebutkan peringkat teratas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya