Jangan Remehkan Industri Game dan eSports Indonesia

Adu jago main game online.
Sumber :
  • Lokapala

VIVA – Industri eSports atau olahraga elektronik telah memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang pesat.

Moonton Cares dan Hope Cup Kolaborasi dengan Akademi Garudaku

Pendapatan atau revenue industri ini pada 2020 mencapai US$1,8 miliar (Rp26 triliun), kemudian naik menjadi US$2,8 miliar (Rp40,2 triliun) di tahun lalu.

Terkait sumber daya manusia (SDM), studi yang dilakukan oleh Vero dan Decision Lab menyebut stakeholder industri eSports Indonesia mencapai 52 juta orang, baik sebagai pemain, pelatih, analis dan lain sebagainya.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Jumlah ini diprediksi semakin meningkat, mengingat kegiatan industri game maupun eSports sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Perkembangan industri game dan eSports lokal yang begitu pesat majunya membuat Telkomsel, melalui Dunia Games bersama anak usahanya Indico, dan Melon Indonesia menggelar Lokapala Jawara Nusantara.

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Turnamen eSports lokal yang diikuti oleh 1.075 peserta dan tergabung ke dalam 215 tim tersebut menobatkan Jeet Capital sebagai pemenang utama dalam grand final Lokapala Jawara Nusantara pada akhir Maret kemarin.

Dalam pertandingan sengit itu, Jeet Capital berhasil mengalahkan Dewa United, yang kemudian dinobatkan sebagai runner-up.

Sedangkan untuk peringkat tiga diraih Rans ESports yang berhasil mengalahkan Bonafide ESports. Adapun total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp100 juta.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam berharap turnamen ini bisa menjadi salah satu sarana yang mampu membangkitkan rasa cinta dan bangga terhadap games eSports buatan lokal yang juga memiliki karakteristik kearifan lokal.

"Jadi dapat mendorong lebih banyak lagi munculnya games eSports lokal lainnya dan berkolaborasi bersama developer game lokal untuk memperkuat dominasi talenta lokal di industri game dan eSports Indonesia," ungkapnya, Sabtu, 2 April 2022.

Turnamen Lokapala Jawara Nusantara memiliki semangat membangun negeri hingga merupakan salah satu wadah perkembangan industri game lokal dalam melahirkan para atlet eSports profesional, publisher dan developer game.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, pada kesempatan yang sama, mengapresiasi langkah Telkomsel, Indico, dan Melon Indonesia yang telah berperan aktif mengembangkan industri game lokal dan memajukan ekosistem eSports.

Mulai dari membuka wadah komunitas eSports dalam bertukar informasi dan pengetahuan, upaya menyediakan jaringan internet dibutuhkan untuk kestabilan bermain game seluler, dan mengadakan kejuaraan-kejuaraan eSports seperti Lokapala Jawara Nusantara.

"Kita harus menunjukkan diri sebagai bangsa yang besar, profesional, dan sportif. Ke depannya, kami berharap perkembangan industri game lokal dan perhelatan eSports lainnya dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila, kebhinnekaan serta wawasan kebangsaan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya