10 Hadiah eSports Terbesar di Seluruh Dunia

Ilustrasi turnamen eSports.
Sumber :
  • ESL

VIVA – Pemain esports telah melihat beberapa pembayaran yang fantastis selama 20 tahun terakhir. Meskipun ukuran keseluruhan kumpulan hadiah tidak menentukan prestise suatu acara, ini jelas merupakan salah satu faktor utama yang digunakan pemain untuk menentukan apakah mereka akan muncul.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Hadiah esports pertama diberikan pada tahun 1997 ketika Dennis “Thresh” Fong memenangkan Ferrari 328 merah milik pengembang Quake, John Carmac. Pada tahun 2006, Johan “Toxjq” Quick memenangkan Rolex dari kejuaraan WSVG Quake 4. Itu benar-benar luar biasa pada masanya, tetapi kumpulan hadiah hari ini cukup besar sehingga para pemain sering dapat pensiun setelah memenangkannya.

Sebagian besar dari ledakan hadiah uang ini adalah karena popularitas crowdfunding. Pengembang telah mulai menawarkan item unik dalam game ke basis pemain mereka yang luas untuk meningkatkan ukuran kumpulan hadiah secara keseluruhan.
Valve, pengembang Dota 2 dan CS:GO, adalah perusahaan tersukses yang menggunakan model tersebut saat ini. Acara unggulan Dota 2-nya, The International, telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa selama 10 tahun terakhir kompetisi. Melansir dari dotesports, berikut hadiah esport terbesar di seluruh dunia.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

1. Internasional 10 – $40 juta

Kejuaraan dunia tahunan Valve di Dota 2 telah memecahkan rekor kumpulan hadiah esports 10 tahun berturut-turut. Meskipun menawarkan total $1,6 juta pada tahun 2011 dan 2012, sejak 2013, acara tersebut telah menjadi contoh kumpulan hadiah crowdfunded paling sukses dalam sejarah esports.

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

2. Final Piala Dunia Fortnite 2019 – $30,4 juta

Final Piala Dunia Fortnite pertama Epic menampilkan salah satu kumpulan hadiah terbesar dalam sejarah esports. Turnamen perdana ini dibagi menjadi dua acara utama. Kyle "Bugha" Giersdorf memperoleh $3 juta di final solo, sementara David "aqua" W dan Emil "Nyhrox" Bergquist Pedersen berbagi $3 juta setelah memenangkan final duo.

3. Piala Juara Dunia Honor of Kings 2021 – $7,7 juta

Piala Juara Dunia Kehormatan Raja, yang diselenggarakan di Beijing, menyaksikan 12 tim terbaik Kehormatan Raja bertarung untuk tempat nomor satu di dunia. Pada akhirnya, setelah beberapa aksi bolak-balik di babak penyisihan grup, QG Happy keluar sebagai yang teratas, mendominasi Gank Gaming di grand final.

4. PUBG Global Invitational.S 2021- $7,1 juta

Acara pertama musim PUBG 2021 membanggakan salah satu kumpulan hadiah terbesar dalam sejarah esports. Sebagian dihosting secara online, sebagian offline di Incheon, Korea Selatan, PUBG Global Invitational.S 2021 melihat Susquehanna Soniqs pergi dengan hadiah kemenangan besar $ 1.296.189.

5. Kejuaraan Dunia League of Legends 2018 – $6,4 juta

Riot Games memungkinkan penggemar League of Legends untuk meningkatkan kumpulan hadiah keseluruhan acara melalui pembelian item dalam game untuk pertama kalinya pada tahun 2017. Setahun kemudian, kumpulan hadiah meningkat menjadi $6,4 juta secara keseluruhan, menjadikannya acara terbesar dalam sejarah permainan dalam hal hadiah uang. China Invictus Gaming membawa pulang $2,4 juta dari total hadiah setelah mengalahkan Fnatic 3-0 dari Eropa di grand final.

6. The 2020 Call of Duty League Championship – $4.6 million

Sebagian besar musim perdana Call of Duty League diadakan secara online karena pandemi COVID-19. Namun terlepas dari situasinya, bagian playoff liga melihat salah satu kumpulan hadiah terbesar dalam sejarah esports.
Setelah kemenangan tipis di braket pemenang, Kekaisaran Dallas mengalahkan Atlanta FaZe di grand final dan membawa pulang $1,5 juta karena menempati posisi pertama di CDL Champs 2020.

7. Kejuaraan Global PUBG 2021 – $4,4 juta

NewHappy membawa pulang pendapatan $1,378,264 di PUBG Global Championship 2021. Tim China meraih kemenangan beruntun sepanjang musim, memenangkan turnamen demi turnamen. Kejuaraan Global hanyalah ceri di atas.

8. Seri Fortnite Fall Skirmish – Klasemen Klub – $4 juta

Fortnite telah meledak selama beberapa tahun terakhir. Bertepatan dengan keberhasilan battle royale yang populer, Epic mengungkapkan $100 juta untuk kumpulan hadiah turnamen esports di tahun pertama permainan kompetitifnya. Sebagian besar dari uang itu diberikan melalui Seri Skirmish Musim Gugur – Klasemen Klub.

9. Overwatch League 2019 – Playoff – $3,5 juta

Playoff kedua dari liga Overwatch melihat kumpulan hadiah keseluruhan turnamen meningkat menjadi $3,5 juta. Berlangsung di Wells Fargo Center di Philadelphia, San Francisco Shock mengalahkan Vancouver Titans untuk mengklaim gelar.

10. Kejuaraan Dota 2 Asia – $3 juta

Bertindak sebagai pendahulu untuk sirkuit Dota 2 Major akhirnya, kumpulan hadiah Kejuaraan Dota 2 Asia 2015 sebesar $3.057.000 hanya mengungguli Valve Majors sebesar $57.000. Bertempat di Shanghai, Cina, acara tersebut menampilkan roster Evil Geniuses yang baru dirakit membawa pulang kejuaraan di salah satu grand final paling berat sebelah dalam sejarah Dota 2. Mereka mengalahkan Vici Gaming 3-0.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya