7 Tempat Terbesar di Dunia Jika Dilihat dari Langit

Foto satelit erupsi gunung berapi bawah laut di Tonga yang memicu tsunami.
Sumber :
  • NOOA-BBC

VIVA –  Dari banyak tempat indah dan keanekaragaman yang ada di planet ini, ternyata masih banyak yang belum kita ketahui, alam dan seisinya menyimpan begitu banyak rahasia hingga keunikannya masing-masing di berbagai tempat di dunia. berikut VIVA telah merangkum dari berbagai sumber 7 tempat besar di dunia jika dilihat dari langit

Stafsus Menkeu: Bea Cukai Bukan Keranjang Sampah

1. Sungai Amazon dan anak sungainya

Sungai Amazon dan anak sungainya

Photo :
  • www.treehugger.com
Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Mungkin kamu akan langsung tahu kalau mendengar sungai terpanjang dan terbesar yang terletak di hutan amazon lebih tepatnya berada di 9 negara bagian Amerika Selatan. Selain dari segi ukuran dan besarnya sungai tersebut ternyata Sungai Amazon juga banyak menyimpan hal-hal unik yang mungkin kamu belum tahu.

Sungai Amazon mudah dikenali dari hutan lebat yang mengelilinginya, hutan Hujan Amazon juga muncul pada gambar satelit sebagai area gelap yang luas di tengah Amerika Selatan, tetapi sungai yang mengalir melalui hutan secara visual lebih khas.

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

2. Grand Canyon

Grand Canyon

Photo :
  • treehugger.com

Mencakup hampir 2.000 mil persegi di Arizona, Grand Canyon dapat dilihat penuh hanya dari luar angkasa. Gambar satelit ini diambil oleh astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional, tidak hanya menunjukkan bentuk melengkung yang jelas dari ngarai itu sendiri, tetapi juga fitur lain baik alami maupun buatan di daerah tersebut.

Seperti Danau Meade, Dataran Tinggi Colorado, dan bahkan Las Vegas. Dalam beberapa citra satelit, Anda bahkan dapat melihat fasilitas wisata yang bertengger di tepi ngarai.

3. Piramida

Piramida

Photo :
  • treehugger.com

Meskipun mereka tidak dapat dilihat dengan mata telanjang dari luar angkasa, piramida Mesir adalah subjek fotografi populer untuk satelit dan astronot stasiun ruang angkasa. Tiga bentuk piramida terlihat jelas dengan lensa zoom atau kamera resolusi tinggi yang diarahkan ke Dataran Tinggi Giza.

Sementara lanskap gurun juga terlihat, gambar satelit menunjukkan bahwa piramida sekarang sebagian dikelilingi oleh kota modern Kairo (dan berbatasan dengan lapangan golf besar).

4. Gunung Himalaya

Gunung Himalaya

Photo :
  • treehugger.com

Dengan 14 puncak lebih dari 26.000 kaki, Himalaya adalah gunung terbesar di Bumi. Pemandangan dari atas yang hanya bisa dilihat oleh segelintir orang yang memiliki kekuatan dan daya tahan untuk mendakinya puncaknya.

Puncaknya yang tertutup saljulah membuat anomali geografis ini menonjol dalam gambar satelit. Sangat mudah untuk melihat gunung di dataran Tinggi Tibet ini. Pegunungan menempati petak besar (1.550 mil) dari Asia Selatan dan Timur, mencakup lima negara: India, Nepal, Bhutan, Cina, dan Pakistan.

5. Kepulauan Palm Dubai

Kepulauan Palm Dubai

Photo :
  • treehugger.com

Terdiri dari pulau-pulau buatan manusia berpasir dua mil dari daratan Emirat Arab Dubai. Kepulauan Palm dibangun menyerupai seperti namanya pohon-pohon palem. Terlihat dari luar angkasa, bentang alam ini dibuat menggunakan pasir yang dikeruk dari perairan dangkal Teluk Persia.

6. Masjidil Haram di Makkah

Masjidil Haram di Makkah

Photo :
  • okezone

Astronot asal Jepang Noguchi Soichi memberikan hasil jepretannya untuk kamu. Di akun twitternya, ia memposting gambar kota Makkah di Arab Saudi dari luar angkasa. Foto itu menunjukkan bagaimana Masjidil Haram terlihat bercahaya dari luar angkasa yang membuatnya mudah ditemukan. Foto itupun mendapatkan banyak perhatian.

7. Delta Sungai Gangga

Delta Sungai Gangga

Photo :
  • treehugger.com

Delta Sungai Gangga selebar 220 mil, yang meliputi Bangladesh selatan dan sebagian Benggala Barat di India, adalah salah satu fitur geografis paling menonjol di Bumi, dan bentuknya yang melengkung dengan saluran air pita paling baik dilihat dari luar angkasa. Sungai ini kaya dengan satwa liar dan rawan bencana banjir hampir setiap tahun, sungai ini juga menyimpan sejumlah besar sedimen di Teluk Benggala dan tampaknya memiliki warna terang, hampir seperti susu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya