10 Planet Paling Mematikan di Alam Semesta

Corot 7b.
Sumber :

VIVA – Planet paling mematikan di alam semesta , seperti apa kira-kira bentuk dan penampakannya? Terdengar menyeramkan memang, apalagi jika melihat keberadaannya. Tidak seperti Bumi , setiap planet baru yang kita temukan telah memusuhi kita.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Beberapa bisa menjadi layak huni jika kita menemukan jawaban atas beberapa masalah, seperti tidak tersedianya oksigen dan air.  Yang lain masih tidak cocok untuk kehidupan manusia. Planet-planet mematikan ini siap membunuh makhluk apa pun yang tersesat terlalu dekat atau mencoba berkembang di atasnya. 

Sebagian besar planet dalam daftar ini tidak hanya terlalu panas atau dingin. Mereka memiliki kondisi yang lebih mengerikan yang tidak akan pernah mendukung kehidupan. 

Penemu Partikel Tuhan Meninggal Dunia

Daripada berlama-lama berikut ini kami bagikan sepuluh planet paling mematikan yang ada di alam semesta ini. Kira-kira, ada apa saja?

10. HD 189733b

Mengapa Luar Angkasa Terlihat Gelap?

HD18973B

Photo :

Pada tahun 2005, para astronom menemukan sebuah planet ekstrasurya seukuran Jupiter, HD 189733b, dengan warna biru khas Bumi yang berjarak 63 tahun cahaya. Namun, tidak seperti Bumi, HD 189733b tidak berwarna biru karena laut dan samuderanya. Sebaliknya, warnanya berasal dari awannya yang kaya silikat.HD 189733b juga mematikan.

Masalah pertama adalah angin 8.700 kilometer per jam (5.400 mph) yang bertiup melintasi planet ekstrasurya. Itu tujuh kali kecepatan suara, yang sangat cepat. Sebagai perbandingan, puncak angin badai Katrina yang terkenal bertiup dengan kecepatan 280 kilometer per jam (175 mph).Lalu ada hujan. Awan kaya silikat HD 189733b menyebabkan hujan kaca cair jatuh dari langit.

Hujan itu tidak langsung turun karena angin supercepat yang baru saja kita bicarakan. Sebaliknya, curah hujan aneh ini jatuh ke samping. [1]Bahkan jika kita entah bagaimana menemukan jalan keluarnya, kita masih harus menghadapi suhu tinggi di planet ekstrasurya. HD 189733b sangat dekat dengan bintangnya sehingga sangat panas.

Untuk menempatkan itu dalam perspektif yang lebih baik, sangat dekat dengan matahari sehingga HD 189733b menyelesaikan revolusi di sekitar bintangnya hanya dalam 2,2 hari Bumi. Menariknya, satu hari di planet ekstrasurya ini juga sama dengan 2,2 hari Bumi.

9. CoRoT-7b

Corot 7b.

Photo :

Pada Februari 2009, para astronom yang mengoperasikan satelit Convection, Rotation and Planetary Transits (CoRoT) menemukan sebuah planet ekstrasurya baru di konstelasi Monoceros yang berjarak 480 tahun cahaya dari Bumi.

Mereka menyebutnya CoRoT-7b. CoRoT-7b adalah planet ekstra surya yang berbatu dan mirip Bumi, meskipun dulunya adalah Jupiter panas seukuran Saturnus istilah yang digunakan untuk menggambarkan planet besar berisi gas di luar tata surya kita dengan orbit ketat di sekitar bintangnya.

Meski memiliki permukaan berbatu yang bisa menopang kehidupan, CoRoT-7b bukanlah tempatnya.Sebagai permulaan, atmosfernya dipenuhi dengan mineral yang membentuk awan batu. Awan ini mengirimkan kerikil dan batu-batuan kecil yang jatuh dari langit seolah-olah itu adalah hujan.

Bahkan jika manusia berhasil bertahan hidup, mereka akan dihancurkan oleh suhu permukaan planet ekstrasurya yang sangat panas.Bumi kita sendiri 60 kali lebih jauh dari Matahari kita daripada jarak CoRoT-7b dari bintangnya. Di siang hari, bintang di langit CoRoT-7b muncul 360 kali lebih besar dari tampilan Matahari kita dari sini di Bumi.

Berbicara tentang siang hari, CoRoT-7b mungkin juga terkunci pasang surut ke bintangnya. Sehari dan satu tahun hanya 20,4 jam. [2]Seperti yang mungkin sudah Anda duga, ini berarti separuh planet ekstrasurya secara permanen menghadap bintangnya.

8. Exoplanet KELT-9b

Kelt 9b

Photo :

Exoplanet KELT-9b adalah planet terpanas yang pernah kami temukan. Suhu bintangnya sekitar 9.700 derajat Celcius (17.500 °F), yang hampir dua kali lipat dari suhu permukaan Matahari kita yang 5.480 derajat-celsius (9.900 °F) . 

Suhu siang hari di planet ekstrasurya berkisar 4.300 derajat Celcius (7.800 °F), yang masih sangat panas. Sebagian besar bintang di alam semesta bahkan tidak mendekati.Saat Anda membaca ini, KELT-9b sangat panas sehingga atmosfernya yang kaya hidrogen mendidih dan keluar ke luar angkasa dan langsung ke bintang KELT-9, di mana planet ekstrasurya itu berputar.

Bintang KELT-9 sangat besar, mencapai tiga kali ukuran Matahari kita. Exoplanet KELT-9b dua kali lebih besar dari Jupiter dan tiga kali lebih berat.Temperatur ekstrim tersebut disebabkan oleh jarak yang relatif pendek antara KELT-9 dan KELT-9b.

Keduanya sangat dekat sehingga planet ekstra surya menyelesaikan orbit hanya dalam 1,5 hari. Merkurius 10 kali lebih jauh dari Matahari kita daripada KELT-9b dari KELT-9.Para astronom percaya bahwa planet ekstrasurya KELT-9b akan kehilangan seluruh atmosfernya untuk menjadi bintang KELT-9 hanya dalam 200 tahun Bumi.

Pada saat itu, KELT-9 akan menjadi sangat besar sehingga bisa menyentuh planet ekstrasurya. Namun, para astronom tidak berpikir bahwa exoplanet akan menabrak bintang. 

7. WASP-121b

WASP-121b adalah salah satu planet ekstra surya yang aneh . Untuk memulai, itu tidak bulat tetapi lebih mirip sepak bola. Maksud kami sepak bola Amerika dan bukan yang lebih populer yang disebut orang Amerika sebagai sepak bola.

Namun bukan bentuknya yang membuat WASP-121b mematikan. Sebaliknya, masalahnya adalah kedekatan planet ekstrasurya dengan bintangnya.WASP-121b sangat dekat dengan bintangnya sehingga suhu berkisar sekitar 2.540 derajat Celcius (4.600 °F).

Benda padat atau cair tidak dapat terbentuk di sana, dan semuanya tetap dalam keadaan gas. Ini termasuk atmosfer logamnya, yang diisi dengan gas besi dan magnesium. Lebih buruk lagi, planet ekstrasurya kehilangan atmosfer ini ke bintangnya, seperti KELT-9b.

Anehnya, kedekatannya dengan bintangnya adalah alasan yang sama mengapa WASP-121b tidak berbentuk. Bintang tersebut mampu mengerahkan tarikan gravitasi yang berat pada planet ekstrasurya. WASP-121b tidak dapat menahan tarikan karena memiliki gaya gravitasi yang lemah. Namun, ia berhasil menahan sebagian, menyebabkannya melengkung. 

6. Upsilon Andromeda b

Upsilon

Photo :

Upsilon Andromedae b adalah salah satu planet ekstrasurya aneh yang berputar mengelilingi bintang Upsilon Andromedae A, yang berjarak 44 tahun cahaya dari Bumi. Planet ekstrasurya terlalu dekat dengan mataharinya, menyelesaikan orbit hanya dalam 4,6 hari.

Seperti yang mungkin sudah Anda duga, ini menunjukkan bahwa itu terkunci pasang surut, dengan satu sisi menghadap matahari secara permanen dan satu lagi sangat panas.Menariknya, area terpanas, "titik hangat", tidak menghadap bintang.

Sebaliknya, itu adalah di sisi yang tidak pernah menerima sinar matahari. Penemuan ini membingungkan para astronom karena sisi yang menghadap bintang seharusnya lebih panas. Para astronom percaya bahwa hal-hal yang sedikit berbeda di sini karena angin mentransfer udara panas ke sisi berlawanan dari planet ekstrasurya.Berikut adalah satu teori tentang cara kerjanya.

Panas dari bintang Upsilon Andromedae mengenai sisi planet ekstrasurya Upsilon Andromedae b yang menghadap matahari, menyebabkan udara memanas. Ketika udara itu menjadi cukup panas, angin membawanya ke ujung yang berlawanan dari planet ekstrasurya.

Pada saat yang sama, angin mengangkut udara yang lebih dingin di ujung yang berlawanan ke sisi yang menghadap matahari. Kemudian proses berlanjut. Saklar terus menerus berarti bahwa sisi yang terlindung dari matahari memiliki aliran udara panas yang andal sementara sisi yang menghadap matahari memiliki udara yang jauh lebih dingin. 

5. OGLE-2005-BLG-390Lb

Ogle TR 56b

Photo :

OGLE-2005-BLG-390Lb adalah planet ekstrasurya berbatu dengan atmosfer yang sangat tipis yang terletak tepat di tengah Bima Sakti kita . Ketiga faktor tersebut membuat para astronom menduga bisa mengandung kehidupan saat ditemukan.

Namun, mereka sekarang percaya bahwa itu bukan karena suhu super rendah di planet ekstrasurya. [6]Suhu permukaan pada OGLE-2005-BLG-390Lb adalah sekitar -220 derajat Celcius (-364 °F), yang terlalu rendah untuk mendukung kehidupan seperti yang kita kenal.

Sebagai perbandingan, menurut beberapa catatan, suhu terendah yang pernah tercatat di Bumi adalah -97,8 derajat Celcius (-144 °F). Suhu itu tercatat di daerah Antartika sedingin es yang belum pernah melihat sinar matahari. Upaya untuk bernapas di daerah itu akan menghancurkan paru-paru kita dan menyebabkan kematian seketika.

4. TrES-2b

TrES-2b adalah planet tergelap di luar sana. Warnanya sangat hitam sehingga batu bara akan tampak lebih ringan jika keduanya ditempatkan berdampingan. TrES-2b adalah ukuran Jupiter dan terletak di konstelasi Draco 750 tahun cahaya dari Bumi. Bintangnya adalah GSC 03549-02811, yang hampir mirip dengan Matahari kita.TrES-2b berwarna hitam karena atmosfernya menyerap lebih dari 99 persen cahaya yang diterimanya dari matahari.

Para astronom percaya bahwa planet ekstrasurya memantulkan cahaya begitu sedikit karena atmosfernya dipenuhi dengan natrium dan kalium yang menguap atau gas titanium oksida.Namun demikian, menjadi hitam tidak berarti bahwa planet ekstrasurya itu keren. Faktanya, suhu atmosfernya mencapai lebih dari 980 derajat Celcius (1.800 °F).

Temperatur yang sangat tinggi ini menyebabkan beberapa bagian dari planet ekstrasurya memancarkan cahaya merah, seperti pembakaran batu bara atau kumparan kompor listrik. Para astronom juga menduga bahwa planet ekstrasurya itu begitu dekat dengan bintangnya sehingga keduanya terkunci secara pasang surut. 

3. OGLE-TR-56b

Planet OGLE-TR-56b terletak di konstelasi Sagitarius 5.000 tahun cahaya dari Bumi. Ini adalah salah satu "Jupiter panas" yang kita bicarakan sebelumnya. Jupiter panas sering terbentuk lebih jauh dalam sistem bintangnya dan kemudian bergerak lebih dekat ke bintangnya.

Planet OGLE-TR-56b telah bergerak terlalu dekat dengan bintangnya sendiri. Jaraknya sangat dekat sehingga satu tahun berdurasi 29 jam, dan suhu permukaan planet ekstrasurya mencapai 2.000 kelvin. Di sana, awan tidak terbuat dari air tetapi dari besi yang menguap. Hujan jatuh ke tanah sebagai besi cair panas.

2. Venus

Planet mematikan tidak hanya ada di luar tata surya kita . Kami memiliki satu mengintai di dekatnya, juga. Tanpa ragu, Venus adalah planet paling mematikan di tata surya kita berkat awannya yang kaya sulfur dioksida. Awan tersebut mencegah sinar matahari yang berguna mencapai permukaan planet dan menghentikan karbon dioksida yang mematikan meninggalkan atmosfer.

Permukaan Venus dipenuhi dengan gunung berapi yang memancarkan panas dan karbon dioksida dalam jumlah besar. Deposit besar karbon dioksida membuat Venus beracun bagi manusia. Awan tebal juga memerangkap panas dan gas, membuat planet ini sangat panas.

Suhu mencapai 467 derajat Celcius yang tidak bersahabat (872 °F).Suhu panas tetap konstan di seluruh planet—bahkan di kutub. Planet panas lainnya seringkali lebih dingin di kutub. Venus juga mempertahankan suhu tinggi ini setiap hari sepanjang tahun. Bahkan malam hari sama panasnya dengan siang hari. Para peneliti berpikir bahwa Venus akan mirip dengan Merkurius jika Venus tidak memiliki awan ini.

Menariknya, itu juga hujan dan salju di Venus, meskipun hal-hal yang sangat berbeda dari apa yang terjadi di Bumi. Salju tidak terbuat dari cairan tetapi dari logam galena dan bismuthinite. Curah hujan terdiri dari asam sulfat yang mematikan. Namun, suhu tinggi di planet ini berarti bahwa hujan tidak pernah menyentuh tanah. Sebaliknya, ia menguap di tengah jalan untuk membentuk awan lain. 

1. Proksima b

Proxima b tampak menjanjikan ketika ditemukan. Ia mengorbit Proxima Centauri, bintang katai merah yang berjarak 4,24 tahun cahaya dari Bumi. Eksoplanet menarik para astronom yang mengira bahwa ia memiliki air dan sifat mirip Bumi.

Namun, mereka segera menemukan bahwa mereka salah.Proxima b sangat dekat dengan Proxima Centauri sehingga planet ekstrasurya menyelesaikan orbitnya dalam 11,2 hari. Itu juga terkunci secara pasang surut, meninggalkan satu sisi yang sangat panas dan yang lainnya sangat dingin dan beku.

Di antara keduanya ada jalan tengah yang lebih beriklim sedang. Namun, wilayah itu tidak mungkin mendukung kehidupan karena Proxima Centauri.Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Proxima Centauri adalah katai merah. Salah satu karakteristik bintang tersebut adalah kecenderungan mereka untuk melepaskan semburan matahari setiap dua hingga tiga bulan yang menyerang planet-planet yang mengorbit di sekitar bintang-bintang tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya