Kabar Gembira untuk Warga Bumi, Lubang Hitam Tak Bisa Melahap Alam Semesta

Lubang hitam.
Sumber :
  • Durham University

VIVA Tekno – Lubang hitamterkenal karenagravitasinyayang sangat besar dimana dapat menelan bintang, planet, bahkan lubang hitam lainnya. Tapi menikmati lubang hitam yang menghabiskan seluruh alam semesta, sepotong demi sepotong?

Kapan Bumi Kiamat?

Jawaban singkatnya adalah tidak. Tidak mungkin lubang hitam bisa memakan alam semesta atau bahkan seluruh galaksi, menurut NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat).

Lubang hitam adalah bekas bintang masif yang telah runtuh ke dalam diri mereka sendiri, menjadi padat dan tidak dapat dipahami, menurut laman Live Science , Rabu, 9 Agustus 2023.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Gagasan bahwa lubang hitam dapat menjelajahi alam semesta berdasarkan pemahaman bahwa mereka bekerja seperti ruang kosong, menyedot ruang ke arah diri mereka sendiri, kata Gaurav Khanna, fisikawan lubang hitam dari University of Rhode Island.

"Mereka hanya menelan benda-benda yang sangat dekat," kata Khanna. Faktanya, lubang hitam hanya dapat melahap objek yang menyebar ke cakrawala peristiwa — tidak dapat keluar dari lubang hitam.

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Posisi black hole SN 1979C di galaksi Bimasakti

Photo :
  • tgdaily.com

Misalnya, Rumbia peristiwa untuk lubang hitam dengan massa seperti Matahari, hanya punya lebar 2 mil (3 kilometer). Sedangkan black hole dengan massa Bumi , Rumbia peristiwa hanya beberapa inci, seukuran ibu jari.

Gravitasi lubang hitam masih memengaruhi bintang dan planet di sekitarnya – bahkan dapat menyebabkan benda-benda mengorbitnya , seperti yang ada di pusat Bima Sakti, tetapi tidak menelannya.

"Jika Matahari kita sendiri berubah menjadi lubang hitam dengan massa yang sama, planet kita tidak akan melihat perubahan apa pun dalam gaya gravitasi yang bekerja dan terus berada di orbit yang sama," ujar Paul Delaney.

Profesor astronomi Universitas York lebih lanjut mengatakan efeknya ke Bumi akan menjadi sangat gelap dan sangat dingin. Tetapi gravitasi lubang hitam pada jarak kita darinya tidak akan menjadi perhatian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya