Seseorang Bisa Mati karena Patah Hati

Ilustrasi patah hati.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Pernahkah kamu merasa sedih dan patah hati yang teramat hingga tiba-tiba merasa dada sakit? Ternyata, menurut studi, seseorang bisa meninggal gara-gara patah hati! Berikut penjelasannya.

Teka-teki Tewasnya Brigadir RAT, Polisi Bakal Bongkar Isi SMS Korban dengan Istri

Patah hati mungkin memiliki konsekuensi medis yang nyata dan serius. Dampak fisik dari kesedihan atau kehilangan bahkan bisa berakibat fatal, yang berarti perhatian medis segera sangatlah penting.

Ya, secara teknis kamu bisa mati karena patah hati. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di dunia, satu dari setiap lima kematian. Sementara faktor-faktor seperti diabetes, diet, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung, stres (yang mungkin termasuk dampak emosional dari patah hati) juga dapat berperan.

Istri Tak Percaya Brigadir Ridhal Ali Tewas Bunuh Diri: Janggal Sekali, Sangat Tidak Mungkin

Sakit Jantung

Photo :
  • vstory

"Stres dapat memicu serangan jantung yang “khas” dan orang bisa meninggal karenanya," kata Dr. Harmony Reynolds, direktur Pusat Penelitian Kardiovaskular Wanita Sarah Ross Soter di NYU Langone.

Kematian Brigadir Ridhal Ali Janggal, Kapolda Sulut Terbangkan Tim Khusus ke Jakarta

Contoh umum dari "mati karena patah hati" adalah seseorang yang meninggal tak lama setelah kehilangan pasangan.

"Beberapa di antaranya dikarenakan penyakit jantung atau serangan jantung, saya rasa kita tidak sepenuhnya mengerti mengapa itu bisa terjadi," kata Reynolds. "Itu hanya salah satu dari banyak bukti bahwa stres adalah pemicu penyakit kardiovaskular."

Menderita patah hati adalah kondisi nyata dan berbahaya yang dihadapi banyak orang di dunia. Sindrom ini dinamakan Sindrom Takotsubo, yang juga dikenal sebagai sindrom patah hati.

Apa itu sindrom patah hati?

Sindrom Takotsubo adalah kondisi jantung sementara yang sering disebabkan oleh tekanan stres pada mental atau fisik seperti ketika menghadapi kehilangan akibat kematian orang yang dicintai. Ini merupakan sekitar 1% dari semua sindrom koroner akut dan seringkali terasa tidak dapat dibedakan dari serangan jantung.

Melemahnya otot jantung secara tiba-tiba kemungkinan besar terjadi karena sistem saraf otonom tidak seimbang, kata Reynolds. Penyebabnya mungkin stres fisik atau emosional, tetapi dia melihat sekitar sepertiga kasus dengan penyebab stres yang tidak dapat diidentifikasi.

Namun, gejala sindrom Takotsubo tidak secara langsung bisa terjadi.

"Seperti yang sering saya lihat dalam praktik klinis saya, itu tidak terjadi secara langsung, itu bisa terjadi beberapa hari atau minggu kemudian," kata Reynolds. "Salah satu fenomena stres adalah kita merenungkannya, dan terkadang pikiran itu bahkan tidak disadari."

Ini juga terkadang dipicu oleh "stres bahagia", peristiwa kehidupan yang positif seperti perayaan, terutama pidato emosional atau kelahiran seorang cucu, kata Reynolds.

Pada sindrom Takotsubo, 90% pasien yang terkena adalah wanita pascamenopause, banyak di antaranya sebelumnya didiagnosis dengan gangguan mood atau penyakit otak, termasuk stroke.

Ilustrasi perempuan sedih.

Photo :
  • Unsplash/Anh Nguyen

"Waktu pascamenopause untuk begitu banyak wanita menjelaskan kepada kita bahwa hormon dalam beberapa hal terlibat," kata Reynolds. "Tapi itu bukan saat menopause, jadi sepertinya bukan penarikan hormon itu sendiri."

Perawatan masih relatif belum diketahui, meskipun Reynolds telah melihat bahwa ace inhibitor yang diresepkan memberikan dampak positif pada pemulihan. Uji klinis NYU Langone mencoba melakukan intervensi melalui olahraga, yoga, dan meditasi, yang dikenal dapat meningkatkan fungsi parasimpatis (relaksasi) dengan pernapasan dalam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya