Indonesia Bukan Cuma Pasar, tapi juga Pemimpin dan Penggerak

Ketua Umum APJII Muhammad Arif Angga.
Sumber :
  • Dok. APJII

VIVA Tekno – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menggelar Indonesia Internet Expo and Summit atau IIXS 2023. Ini adalah event unggulan di industri teknologi informasi dan telekomunikasi menjadi pusat pertemuan esensial bagi pelaku industri digital global.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

"IIXS 2023 adalah refleksi dari komitmen kami untuk mendorong kemajuan ekonomi digital Indonesia. Kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia tidak cuma pasar, tapi juga pemimpin dan penggerak dalam perkembangan teknologi digital," kata Ketua Umum APJII Muhammad Arif Angga, dalam keterangan resminya, Selasa, 8 Agustus 2023.

Menanggapi tema Connectivity, Security, and Inclusivity, Arif mengungkapkan bahwa ketiga pilar ini adalah fondasi yang kuat untuk masa depan industri digital Indonesia.

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

IIXS 2023 juga menyediakan ruang diskusi bagaimana membuat masyarakat dapat terkoneksi dalam ekosistem digital yang inklusif, sehingga menciptakan dampak yang lebih besar bagi masyarakat dan perekonomian. Pameran ini akan berlangsung pada 10 hingga 12 Agustus 2023 di Hall D1, Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dengan dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo dalam rangka Peringatan Hari Bhakti Postel ke-78, IIXS 2023 akan menampilkan lebih dari 200 perusahaan teknologi papan atas dari berbagai sektor. Mulai dari cloud & big data, manufacturers of communications/computer, equipment, hingga IoT.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Selain itu, APJII akan mengadakan Digital Industry Association Leaders Summit (DIALS) – sebuah konferensi yang menghadirkan para pemimpin asosiasi industri ICT di Indonesia. DIALS akan diikuti oleh para Sekretaris Jenderal dan Ketua Umum dari asosiasi-asosiasi yang terdapat di dalam landscape industri ICT Tanah Air.

Di samping itu, DIALS merupakan langkah awal APJII dalam menginisiasi kegiatan pertemuan antar pemimpin asosiasi industri ICT di tingkat regional Asia Pasifik, yang rencananya akan diadakan pada 2024.

Terkait dengan DIALS, Arif mengaku bukan hanya pertemuan para pemimpin industri ICT di Indonesia, tapi juga langkah penting menuju kolaborasi yang lebih erat di antara pelaku industri digital di regional.

"Kami ingin membangun jaringan yang kuat dan menyelaraskan strategi di tingkat Asia Pasifik untuk memastikan bahwa Indonesia terus menjadi bagian penting dari ekosistem teknologi yang lagi berkembang pesat," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya