Mengelola Sumber Daya Air dengan Bijak

Ilustrasi air sungai.
Sumber :
  • Pixabay/Free-Photos

VIVA – Sumber daya air merupakan kunci pembangunan berkelanjutan. Pengelolaan air yang baik akan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan kekurangan sumber daya.

Bank Mandiri Tingkatkan Kontribusi ke Target SDGs Lewat Program Kesehatan TJSL

Sejumlah inisiatif yang telah dilakukan untuk mencapai target itu. Mulai dari meningkatkan infiltrasi air hujan ke dalam tanah di hulu, melibatkan kajian hidrologis, hingga menyediakan akses air bersih untuk masyarakat sekitar.

Lalu, adanya upaya mengurangi konsumsi air tanah dengan menampung air hujan serta menanam pohon.

Anindya Bakrie Inaugurates 480 Tuberculosis Rangers and SDGs Heroes

Seperti yang dilakukan Danone Indonesia, yang memiliki target untuk mencapai dampak positif air atau positive water impact pada 2030 di setiap daerah aliran sungai (DAS), di mana sumber air yang dieksploitasi perusahaan produsen air minum dalam kemasan tersebut berlokasi.

Jadi, dampak positif air atau positive water impact menghitung seluruh volume air yang telah diekploitasi dan membandingkannya dengan yang dikembalikan ke alam ataupun masyarakat melalui program konservasi maupun penyediaan akses air bersih.

Program KPR Green Financing BRI Tawarkan Rumah Murah Sambil Jaga Kelestarian Lingkungan

Hal ini dipandu oleh tiga pilar, yakni melestarikan sumber daya air dan lingkungan alam, mendorong sirkulasi air di dalam dan di sekitar lokasi produksi, dan menyediakan air yang aman air minum bagi masyarakat rentan.

"Kami ingin setiap DAS itu positive water impact," kata Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, dalam keterangan resminya, Minggu, 5 Juni 2022.

Salah satu tindakan khususnya adalah pencatatan penggunaan/konsumsi air per pabrik, termasuk jumlah yang didaur ulang atau digunakan kembali dan di monitor oleh auditor eksternal.

Sejak 2010, Danone Indonesia telah membangun 2.300 sumur resapan masyarakat, 90.000 lubang biofor, 8.100 parit, serta membuat 74 fasilitas pemanen hujan.

"Kami juga telah bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk membuka akses air bersih dan sanitasi (WASH) ini yang sudah menjangkau lebih dari 463.000 orang," jelas Vera.

Atas dasar itulah, Danone Indonesia meraih penghargaan dalam ajang Sustainable Business Award (SBA) Indonesia yang memberikan pengakuan tarhadap keunggulan dalam keberlanjutan perusahaan di lima negara yaitu Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Thailand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya