Konsep Ini Sejalan dengan SDGs

Sustainable Development Goals (SDGs).
Sumber :
  • International Institute for Sustainable Development

Jakarta – Pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism adalah pengembangan konsep berwisata yang dapat dapat memberikan dampak jangka panjang.

5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

Baik itu terhadap lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi untuk masa kini dan masa depan bagi seluruh masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung.

Dalam upaya mengembangkan sustainable tourism, Kemenparekraf/Baparekraf memiliki empat pilar fokus yang dikembangkan.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Di antaranya pengelolaan berkelanjutan (bisnis pariwisata), ekonomi berkelanjutan (sosio ekonomi) jangka panjang, keberlanjutan budaya (sustainable culture) yang harus selalu dikembangkan dan dijaga, serta aspek lingkungan (environment sustainability).

Berbekal 4 pilar utama tersebut, tren pariwisata berkelanjutan akan menjadi kegiatan berwisata yang banyak diminati wisatawan.

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Tidak sekadar berlibur, setiap wisatawan juga tetap memerhatikan protokol berwisata yang berkaitan dengan kesehatan, keamanan, kenyaman, dan kelestarian alam.

Konsep ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam menunjang industri pariwisata yang juga memainkan peran penting dalam mencapai capaian pembangunan berkelanjutan.

Pengelolaan Geopark Belitong diarahkan berkonsep pariwisata berkelanjutan.

Photo :
  • Antara

 

Dalam upaya mendorong pertumbuhan pariwisata berkelanjutan di Indonesia, Pelita Air dan Pertamina Foundation mengumumkan kerja sama strategis untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam sektor pariwisata.

"Jadi, tidak hanya mempromosikan destinasi wisata di Indonesia secara bertanggung jawab, namun juga mengutamakan pemberdayaan masyarakat dan pendidikan," kata Direktur Utama Pertamina Foundation, Agus Mashud S Asngari, dalam keterangan resminya, Sabtu, 20 Januari 2024.

Sementara itu, Direktur Utama Pelita Air Dendy Kurniawan menyebut kerja sama ini merupakan komitmen untuk tidak hanya mempromosikan keindahan Indonesia, tetapi juga memastikan pihaknya melakukan dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

"Kerja sama ini punya semangat yang sama, yakni keberlanjutan atau sustainability. Untuk itu, kami bekerja sama menghasilkan program atau proyek bersama untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan umur Bumi lebih panjang lewat pencapaian poin-poin SDGs," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya