Fitur Ini Paling Banyak Diminta di WhatsApp

Aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Aplikasi pesan instan WhatsApp telah merilis fitur yang memungkinkan pengguna memigrasikan riwayat obrolan mereka dari iOS ke Android. Fitur tersebut awalnya terbatas pada beberapa ponsel Samsung, kemudian Google mengaktifkan dukungan untuk semua perangkat Pixel.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Kabar gembira kembali datang di mana Pendiri dan CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan fitur yang paling diminta, yakni kemampuan untuk mentransfer riwayat obrolan dengan aman dari Android ke iOS.

Menurut WABetaInfo, fitur ini hanya bisa digunakan minimal pada Android 5 dan iOS 15.5. Untuk iOS 16 kemungkinan besar tidak bisa menggunakannya karena WhatsApp tidak menyediakan dukungan untuk iOS versi beta.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Sebelum melakukan transfer data, harap sambungkan kedua perangkat ke daya listrik. Proses ini tidak membutuhkan kabel, cukup dengan menyambungkannya ke jaringan Wi-Fi yang sama. Syarat berikutnya adalah iPhone harus dalam keadaan baru dari pabrik atau setel ulang di dalam pengaturan iPhone untuk menggunakan aplikasi Move to iOS.

Saat sudah siap, buka aplikasi Move to iOS di perangkat Android dan ikuti apa yang diperintah aplikasi. Masukkan kode yang sama di Android yang ditampilkan di iPhone, lalu ketuk lanjutkan dan pastikan untuk memilih WhatsApp tepat di layar Transfer Data.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Ketuk Start di perangkat Android dan harap tunggu hingga semua data dimigrasikan. Pengguna akan keluar dari perangkat Android setelah data dimigrasikan sepenuhnya.

Pilih Next untuk kembali ke aplikasi Move to iOS. Langkah terakhir adalah melanjutkan untuk transfer data dari perangkat Android ke iPhone dan menunggu aplikasi Move to iOS untuk menyelesaikan prosesnya.

Setelah mengaktifkan perangkat iOS, unduh WhatsApp Messenger versi terbaru dari App Store. Kemudian masuk menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan di perangkat Android lama.

Ketuk Start dan tunggu hingga proses selesai. Setelah masuk ke WhatsApp untuk iPhone, obrolan dan media di WhatsApp akan muncul, seperti dikutip dari blog WABetaInfo, Kamis, 16 Juni 2022.

Saat mentransfer riwayat obrolan di berbagai platform, WhatsApp tidak dapat melihat data yang ditransfer. Selain itu, pengguna juga perlu secara manual mengaktifkan opsi cadangan end-to-end encryption di dalam WhatsApp untuk iPhone.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya