Sejak Kapan Hutan dan Tanaman Eksis di Bumi?

Hutan purba ditemukan tersembunyi di balik lubang raksasa di China.
Hutan purba ditemukan tersembunyi di balik lubang raksasa di China.
Sumber :
  • metro.co.uk

VIVA – Diperkirakan, tanaman telah ada di bumi sekitar 470 juta tahun yang lalu. Sementara, estimasi kehadiran pohon dan hutan di bumi sekitar 390 juta tahun.

Selama interval itu, kehidupan tanaman secara perlahan mengembangkan prekursor genetik yang diperlukan untuk menghasilkan pohon, yang pada akhirnya mengungguli tanaman yang lain.

Chris Berry, seorang ilmuwan Paleobotani asal Cardiff University bersama dengan timnya menemukan, hutan tertua di dunia yang ditemukan di Kairo, Mesir.

Temuan ini turut mengungkapkan ciri khas pohon dan hutan yang terdiri dari kayu, akar, daun ditengah lusinan populasi tanaman yang hidup pada masa itu. Dikutip dari situs livescience, Selasa, 5 Juli 2022.

Temuan ini juga merujuk pada periode awal masa Devonian, sekitar 385 juta tahun yang lalu. Penemuan situs di Kairo ini mengawetkan sistem akar fosil pohon kuno, menunjukkan dengan tepat di mana mereka muncul dalam kehidupan.

“Kami tidak melihat fosil pohon, tetapi kami melihat peta persis di mana pohon-pohon itu berdiri. Jadi, yang kita pelajari adalah ekologi hutan." ujar Berry.

Peta yang disebutkan Berry ini menunjukkan Archaeopteris, suatu jenis tanaman kuno dengan akar kayu yang besar dan batang kayu berdaun.