5 Pulau Terbesar di Dunia, Dua Ada di Indonesia

Nuuk di Greenland.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno - Pulau terbesar di dunia. Nampaknya, kita akan kesulitan untuk menghitung berapa banyak pulau yang ada di dunia.

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur

Namun, kami memiliki banyak informasi yang bisa dibagikan mengenai pulau terbesar di dunia. Beberapa pulau terbesar di dunia berada di suatu negara atau wilayah.

Ada beberapa pulau yang dipenuhi dengan hutan disertai pepohonan yang rimbun. Semester ada juga pulau yang ditutupi oleh hamparan salju dan es yang tampaknya tak berujung. Karena ada banyak keragaman pulau di seluruh Bumi.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Berikut beberapa pulau terbesar di Bumi, seperti dilansir dari GeoJango.com, seperti sebagai berikut:

1. Pulau Baffin - Kanada

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Pulau Baffin merupakan pulau terbesar di kanada dan menjadikan terbesar kelima di dunia. Pulau tersebut memiliki populasi terkecil dari pulau mana pun, pulau Baffin telah dihuni selama lebih dari 3.000 tahun.

Pulau yang terletak di wilayah Nunavut Kanada ini pernah menjadi rumah bagi berbagai budaya Paleo-Eskimo selama sekitar 2.000 tahun sebelum nenek moyang orang Inuit modern akhirnya mulai menghuni wilayah tersebut sekitar 1.000 tahun yang lalu.

seorang viking terkenal Leif Erikson diperkirakan telah mengunjungi Pulau Baffin sekitar tahun 1.000 Masehi sambil menjelajahi wilayah sekitarnya. Leif Erikson dinobatkan sebagai orang Eropa pertama yang menginjakkan kaki di benua Amerika Utara, yang terjadi sekitar 500 tahun sebelum Christopher Columbus mencapai Karibia.

2. Pulau Madagaskar - Madagaskar

Taman Nasional Tsingy de Bemaraha, Madagaskar

Photo :
  • Twitter @AfricaFactsZone

Pulau Madagaskar, terletak di lepas pantai timur Afrika selatan merupakan pulau terbesar keempat di dunia dan negara pulau terbesar kedua di dunia. Meskipun hanya sedikit lebih besar dari Pulau Baffin, populasi Madagaskar hampir 2.000 kali lebih besar.

Pulau ini terkenal dengan satwa liar yang langka dan beragam, 90 persen di antaranya tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Madagaskar terpisah dari anak benua India 88 juta tahun yang lalu, sebuah peristiwa yang memungkinkan tumbuhan dan hewan di pulau itu berevolusi dalam isolasi yang hampir lengkap.

Pada tahun 2003, pemerintah Madagaskar mengumumkan sebuah program yang disebut 'Visi Durban', yang berupaya melipatgandakan jumlah lahan yang dilindungi dan membantu melestarikan keanekaragaman hayati yang luar biasa di negara itu.

3. Pulau Kalimantan - Indonesia, Malaysia, dan Brunei

Ilustrasi keindahan pulau Borneo.

Photo :
  • U-Report

Borneo atau Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia dan satu-satunya pulau yang memiliki tiga negara. Sekitar 73 persen dari pulau ini dikelola oleh Indonesia, 26 persen oleh Malaysia, dan 1 persen oleh Brunei, yang terakhir adalah satu-satunya negara yang mencakup keseluruhan daratannya di Kalimantan.

Mirip dengan Madagaskar, Kalimantan merupakan rumah bagi keanekaragaman flora dan fauna yang luar biasa. Hutan hujannya berusia sekitar 140 juta tahun, yang menjadikannya salah satu hutan hujan tertua di seluruh dunia. Meskipun ada banyak hewan yang menghuni hutan hujan lebat Kalimantan, yang paling terkenal tidak diragukan lagi adalah Orangutan Kalimantan.

Namun yang cukup menarik, kera besar ini sangat cerdas dan berbagi 97 persen DNA mereka dengan manusia. Selain Orangutan Kalimantan, pulau ini juga merupakan rumah bagi spesies endemik seperti Gajah Kalimantan, Badak Sumatera Timur, dan Macan Dahan Kalimantan.

4. Papua Nugini – Indonesia dan Papua Nugini

Gempa Papua Nugini

Photo :
  • USGS

Papua Nugini merupakan pulau terbesar kedua di dunia dan pulau terbesar di selatan khatulistiwa. Pulau ini dipisahkan dari daratan Australia oleh Torres Straight, yang berisi 274 pulau. Bagian barat Papua Nugini dikelola oleh Indonesia sedangkan bagian timur pulau dikelola oleh Papua Nugini sendiri.

Nama Papua Nugini atau 'New Guinea' dinobatkan kepada penjelajah asal Spanyol Ynigo Ortiz de Retez, yang mengunjungi pulau itu pada tahun 1545 dan melihat banyak kesamaan antara penduduk asli pulau itu dan orang-orang dari wilayah Guinea di Afrika.

New Guinea terdapat gunung tertinggi yaitu Puncak Jaya, yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl merupakan gunung tertinggi di seluruh Oceana dan gunung tertinggi yang ditemukan di pulau mana pun di seluruh dunia. Selain Puncak Jaya, New Guinea memiliki gunung-gunung besar lainnya seperti Puncak Mandala (15.671 kaki), Puncak Trikora (15.584 kaki), dan Gunung Wilhelm (14.793 kaki).

5. Greenland – Denmark

Nuuk di Greenland.

Photo :
  • U-Report

Greenland sejauh ini merupakan pulau terbesar di dunia dan juga berisi satu dari hanya dua lapisan es yang ada saat ini, yang lainnya adalah Antartika. Selain sebagai pulau terbesar, klaim ketenaran Greenland lainnya adalah fakta bahwa pulau tersebut mengandung batuan tertua yang diketahui di bumi ini, yang berumur sekitar 3,8 miliar tahun yang lalu.

Selain itu, pulau ini juga memiliki Taman Nasional Greenland Timur Laut, yang merupakan Taman Nasional terbesar di dunia. Greenland merupakan wilayah kekuasaan di Denmark, yang berarti bahwa pulau itu memiliki tingkat kebebasan tertentu untuk membuat keputusan politik mereka sendiri. Namun, ada beberapa hal di mana Denmark mempertahankan otoritas legislatif penuh.

Dengan  memiliki jumlah pendudukan sekitar 56.081, Greenland merupakan wilayah berpenduduk paling sedikit di dunia. Dari total populasi, yang sebagian besar adalah Inuit, sekitar 18.000 tinggal di ibu kota Greenland, Nuuk. Sisanya tinggal di pemukiman jarang yang terletak di sepanjang garis pantai yang sangat besar di pulau itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya