Elon Musk Bantah akan Bangun Bandara Pribadi Baru

Elon Musk.
Elon Musk.
Sumber :
  • Marca

VIVA Tekno – CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk membantah kabar bahwa dirinya akan membangun bandara pribadi baru di luar Austin, Texas, Amerika Serikat (AS). Hal ini diungkapkan melalui cuitannya pada Kamis, 4 Agustus pekan lalu.

Situs berita lokal Austin Austonia, melaporkan pekan lalu bahwa eksekutif Tesla dan SpaceX berencana membangun lapangan terbang baru di Bastrop di luar kota, dekat dengan properti Boring Company yang baru dibelinya serta situs Gigafactory, yang ia buat sebagai milik Tesla, mengutip dari situs Businessinsider, Senin, 8 Agustus 2022.

"Tidak benar, Tesla berjarak 5 menit dari bandara Internasional Austin. Akan konyol untuk membangun bandara pribadi lain, namun bandara komersial yang ada membutuhkan landasan pacu lain, karena Austin berkembang pesat!" cuit Elon Musk di akun Twitternya.

Sebuah bandara swasta memang diperkirakan dapat membantunya mengembangkan operasi perusahaannya, dan dia akan membutuhkan persetujuan dari pemerintah federal yang meliputi, Enviromental Protection Agency (EPA) dan Federal Aviation Administration (FAA) serta memenuhi peraturan lokal terlebih dahulu untuk membangunnya.

Saat ini, perjalanan masuk dan keluar Austin sudah dilayani oleh Bandara Internasional Austin-Bergstrom dan Bandara Eksekutif Austin seluas 585 hektar yang terletak di utara, dekat dengan Tesla's Giga Texas di Tesla Road.

Catatan menunjukkan, Boring Company membeli sebidang tanah industri pada Desember 2020 di Pflugerville, pinggiran utara Austin. Selain itu, menurut laporan lainnya pada Februari lalu menunjukkan, perusahaan juga berencana untuk membangun situs uji terowongan di Bastrop, Texas yang berjarak sekitar 24 mil sebelah timur Giga Texas.

Selain itu, perusahaan milik Elon Musk yang lainnya, SpaceX juga telah mendirikan toko di Boca Chica, Texas yang terletak dekat perbatasan negara bagian dengan Meksiko.