Harta Karun Emas dan Permata Ditemukan di Kapal Karam

Harta karun koin emas, permata dan batu permata.
Sumber :
  • Allen Exploration.

VIVA – Sebuah museum baru akan menampilkan karunia yang tak ternilai harganya. Harta karun berupa koin emas, batu permata, dan permata baru-baru ini ditemukan di kapal karam Spanyol berusia 366 tahun.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Dalam upaya untuk melestarikan apa yang tersisa dari kapal dan muatannya yang berharga, tim pelestarian dan arkeolog bawah air internasional telah bekerja untuk memulihkan benda-benda dari kapal karam, yang terletak di Samudra Atlantik sekitar 70 kilometer di lepas pantai Bahama.

Dikenal sebagai Nuestra Senora de las Maravillas (Our Lady of Wonders dalam bahasa Spanyol), galleon 891 ton saat itu sedang melakukan perjalanan antara Spanyol dan Kolombia pada 1656.

Solidaritas Palestina, Ribuan Warga Spanyol Turun ke Jalan Desak Pemerintah Boikot Israel

Mereka berencana untuk mengambil muatan perak ketika kesalahan navigasi menyebabkannya bertabrakan dengan kapal lain di armada Spanyol.

Kecelakaan itu membuat kapal kandas di terumbu karang, diperkirakan 600 hingga 650 orang di dalamnya tewas dalam kecelakaan, kata organisasi itu dalam sebuah pernyataan. Lebih dari tiga abad kemudian, puing-puing itu tersebar di 8 mil (13 km) dari dasar laut.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Karena sejarawan sering menganggap Maravillas sebagai salah satu kapal besar Spanyol yang sarat harta, kapal karam itu menjadi sasaran para penjarah.

Sebagian besar harta karun (sekitar 3,5 juta item) digeledah antara tahun 1656 dan awal 1990-an, menurut Museum Maritim Bahama, mengutip dari laman Live Science, Selasa, 9 Agustus 2022.

Untuk membantu melindungi artefak yang tersisa, Allen Exploration (AllenX), sebuah organisasi yang mengkhususkan diri dalam menemukan bangkai kapal bersejarah, telah bermitra dengan pemerintah Bahama untuk memulihkan apa yang tersisa dari kapal dan muatannya.

"Maravilla adalah bagian ikonik dari sejarah maritim Bahama. Bangkai kapal tersebut memiliki sejarah yang sulit diselamatkan oleh ekspedisi Spanyol, Inggris, Prancis, Belanda, Bahama, dan Amerika pada abad ke-17 dan ke-18," kata Carl Allen, merupakan Pendiri Allen Exploration.

Itu kemudian dihancurkan oleh penyelamat dari tahun 1970-an hingga awal 1990-an. Tapi sayangnya hilang dari reruntuhan.

Selama dua tahun terakhir, Allen dan timnya berhasil menemukan sejumlah barang dari reruntuhan, termasuk sisa-sisa terakhir kapal itu, seperti pemberat batu, pengencang besi yang berfungsi untuk menyatukan lambung dan mur sayap yang disebut astrolabe.

Temuan lain termasuk barang-barang yang digunakan oleh kru, seperti guci dari Spanyol, piring dari China dan Meksiko serta barang-barang pribadi seperti gagang pedang perak, cincin mutiara, botol anggur, dan empat liontin yang dikenakan oleh ksatria Ordo Santiago, ordo keagamaan dan militer Spanyol dan Portugis abad ke-12.

Salah satu liontin emas menampilkan zamrud Kolombia oval besar dan selusin zamrud yang lebih kecil, yang mungkin mewakili 12 Murid Yesus di samping motif heraldik yang dikenal sebagai Salib St. James.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya